London (ANTARA) - Sekitar 250 warga dan sahabat Indonesia dari berbagai daerah di Italia merayakan Natal yang diawali dengan ibadah Natal untuk umat Kristiani, dipimpin Romo Agustinus Purnama, dilanjutkan dengan Perayaan Natal dihadiri masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang agama.

Dalam ibadah Natal bertema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang", Romo Agustinus menekankan pentingnya mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan, dan mendorong setiap umat berinisiatif menjadikan dirinya sebagai sahabat bagi semua orang.

Minister Counsellor Fungsi Penerangan KBRI Roma, Charles Ferdinand Hutapea kepada Antara London, Jumat menyebutkan pada acara Perayaan Natal Grup Oikumene Roma, GBI Mawar Sharon Roma, perwakilan rohaniawan Katolik mempersembahkan kidung Natal.

Sementara Dubes dan staf KBRI Vatikan serta Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Roma menghangatkan suasana dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia sebagai ungkapan kebersamaan.

Sinterklas membawa sukacita bagi anak-anak Indonesia yang hadir, dengan membagikan bingkisan dan anak belajar berbagi kebersamaan sambil menyanyikan lagu "Pelangi-pelangi" dan "Balonku".

Kerinduan masyarakat Indonesia pada Tanah Air terobati dengan menikmati sajian mie bakso, ayam bakar, ikan balado serta kue pukis dan dadar gulung menghangatkan kota Roma yang cukup dingin.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar senantiasa menjaga persatuan dan mengedepankan persahabatan.

 "Dalam setiap langkah kita semua, menawarkan persahabatan yang berlandaskan cinta kasih akan menghilangkan berbagai perbedaan yang ada. Pesan Natal 2019 adalah pesan persahabatan yang membawa kita kembali kepada sejarah bangsa Indonesia, cita-cita bersama Indonesia dan perjuangan bersama bagi kemanusiaan yang bermartabat," demikian Dubes Esti.

Baca juga: Masyarakat Indonesia di Athena rayakan Natal

Baca juga: Kedubes Swedia gelar perayaan St. Lucia jelang Natal


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019