Menkominfo Tinjau akses internet BAKTI di NTT

Menkominfo Tinjau akses internet BAKTI di NTT

Menkominfo Jhony G Plate saat melakukan kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Antara/Ho-Humas Pemda Manggarai Barat.)

Kupang (ANTARA) - Menteri Kominfo Jhony G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Manggarai Raya Nusa Tenggara Timur ( NTT) dalam rangka meninjau lokasi akses Internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di wilayah NTT .

Dalam kunjungan kerjanya di Manggarai Barat, Sabtu, ia mengatakan bahwa kunjungan tersebut guna mendukung terwujudnya Indonesia menuju "Digital Nation" terus berupaya membangun infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK) secara merata di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

"Saya ingin melihat secara langsung pilot project 3T yang dirintis oleh Kominfo di Manggarai Raya. Saya ingin melihat secara fisiknya seperti apa, " katanya kepada wartawan di Labuan Bajo, dslam rilis yang diterima Antara Kupang, Sabtu (21/12) pagi.

Baca juga: Tiga alasan Indonesia belum pakai jaringan 5G menurut Menkominfo

Ia mengatakan pilot project 3T yang ada di Manggarai Raya, yakni di Pelabuhan Reo Kabupaten Manggarai khususnya saat ini memiliki kecepatan internetnya delapan megabite per detik.

Selain itu juga khususnya di Seminari Santo Pius XIII Kisol Kabupaten Manggarai Timur, kecepatan internetnya mrncapai 8 MB/detik. Selain itu, Menteri Jhony juga meninjau representasi pusat pendidikan di Seminari Kisol, sebagai simbol pusat perhatian Presiden terhadap pengembangan SDM.

Sedangkan di Labuan Bajo Manggarai Barat, Menteri meninjau Puskesmas Labuan Bajo, bagaimana Puskesmas itu menggunakan teknologi 4G dalam pelayanan kesehatan.

Selain melakukan kunjungan kerja di Manggarai Raya, Menteri juga dijadwalkan akan berkunjung ke Pulau Sumba

"Saya juga mau lihat secara langsung tindak lanjut gelar fiber optik Palapa Ring dari Sumba hingga Rote," tambah dia.

Baca juga: Menkominfo: Indonesia lulus ujian dari gempuran informasi 2019

Ia juga mengatakan ingin memastikan apakah pelayanan Palapa Ring di wilayah itu sudah maksimal.

"Kalau sudah ya syukur, tapi kalo belum maksimal maka pilot project 3T maka akan ada kebijakan lanjutan untuk tahun 2020 hingga 2024 bisa di lakukan akselerasi di bidang informasi dan komunikasi," jelas Menteri Jhoni Plate.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula dihubungi dari Kupang mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi Manteri Kominfo yang sangat memberikan perhatiannya kepada sejumlah Kabupaten di Manggarai, khususnya di kabupaten Manggarai Barat yang adalah kabupaten memiliki potensi pariwisata yang banyak.

" Kemarin beliau sebentar saja di Labuan Bajo, tetapi tadi sebelum berangkat ke Sumba pak Menteri meninjau sejumlah lokasi yang ada pembangunan jaringan internetnya, " ujarnya.

Bupati mengaku bahwa Menteri Jhony ingin agar potensi internet yang ada diharapkan bisa dikembangkan untuk peningkatan kunjungan pariwisata di daerah itu mengingat Labuan Bajo adalah kawasan wisata unggulan bagi wisatawan.***1***

Baca juga: Kominfo harapkan perlahan operator tinggalkan 2G

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemkominfo luncurkan aplikasi pelacak pasien TraceTogether

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar