Liga Jerman

Leipzig masuki libur musim dingin sebagai pemuncak klasemen

Leipzig masuki libur musim dingin sebagai pemuncak klasemen

Gelandang RB Leipzig Konrad Laimer (tengah) merayakan gol yang dicetaknya pada pertandingan Liga Jerman mealwan Augsburg, yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (21/12/2019). (ANTARA/AFP/RONNY HARTMANN)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig memasuki libur musim dingin dengan memastikan diri sebagai pemuncak klasemen Liga Jerman setelah menang 3 -1 atas Augsburg di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu.

Leipzig bisa memastikan diri memuncaki klasemen musim dingin sekalipun pesaing terdekatnya, Borussia Moenchengladbach, menang melawan Hertha Berlin Minggu dini hari WIB sehingga poin mereka sama tapi tetap unggul selisih gol. 

Leipzig memuncaki klasemen dengan 37 poin, unggul tiga poin atas Gladbach yang sedang menghadapi Berlin.

Bagi Augsburg, kekalahan itu memutus rentetan tiga kemenangan beruntun mereka sehingga tertahan pada peringkat 10 dengan 23 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Augsburg menjadi tim yang lebih awal mencetak gol saat laga baru delapan menit. Umpan silang Marco Richter disambar Florian Niederlechner untuk memecah kebuntuan.

Upaya keras Leipzig untuk membalas baru membuahkan hasil pada babak kedua ketika Konrad Lainer melepaskan tembakan melengkung menembus gawang Augsburg yang dikawal Tomas Koubek.

Baca juga: Sempat unggul, Dortmund malah tersungkur di markas Hoffenheim

Leipzig berbalik menang sepuluh menit terakhir laga ketika Patrick Schick menanduk bola dari tendangan sudut  Christopher Nkunku pada menit ke-80.

Yussuf Poulsen melengkapi kemenangan Leipzig setelah neruskan umpan mudah Werner pada menit ke-89.

Zirkzee, Gnabry menangkan Bayern

Joshua Zirkzee dan Serge Gnabry mengamankan kemenangan 2-0 tuan rumah Bayern Muenchen atas Wolfsburg.

Bayern sempat kesulitan menembus pertahanan rapat Wolfsburg sehingga baru  memecah kebuntuan pada menit ke-85 melalui penyelesaian Zirkzee dari umpan Thomas Mueller.

Gol Gnabry memastikan Bayern meneruskan tren kemenangan menjadi tiga laga beruntun ketika menyepak umpan mudah dari Robert Lewandowski pada menit ke-88.

Bayern kini menghuni peringkat ketiga dengan 33 poin, sedangkan Wolfsburg belum menduduki peringkat kesembilan dengan 24 poin.

Baca juga: Gladbach tempel Leipzig di puncak setelah tundukkan Paderborn

Schalke kembali gagal

Schalke 04 kembali gagal mendulang tiga poin setelah dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tamunya Freiburg.

Suat Serdar membawa Schalke memimpin setelah meneruskan umpan silang Benito Rahman yang asuk ke gawang tim tamu pada menit ke-27.

Pada babak kedua, Freiburg bangkit  membalikkan keadaan usai mencetak dua gol dari dua tendangan penalti.

Penalti pertama didapat pada menit ke-54 setelah Ozan Kabak menjatuhkan Lucas Holer di kotak terlarang. Nils Petersen dengan dingin menaklukkan kiper Schalke untuk menyamakan kedudukan.

Selain menghapus dahaga lima pertandingan tanpa gol,  Petersen menyamakan catatan golnya di Freiburg dengan pelatih timnas Jerman Joachim Loew, yakni 83 gol pada semua kompetisi.

Baca juga: Joachim Low dukung Leroy Sane kembali ke Bundesliga

Freiburg mendapatkan penalti kedua pada menit ke-67 akibat pelanggaran Juan Miranda terhadap Changhoon Kwon. Eksekusi bergaya Panenka yang dilakukan Vincenzo Grifo membawa Freiburg berbalik memimpin.

Tetapi Schalke tidak mau dipermalukan di depan publik sendiri. Mereka menyamakan kedudukan pada fase akhir laga melalui sepakan pemain pengganti Ahmed Kutucu dari tepi kotak penalti.

Pada pertandingan lain, Bayer Leverkusen memutus rangkaian dua kekalahan beruntun dengan menang tipis 1-0 atas tuan rumah Mainz 05.

Leverkusen harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain akibat kartu merah yang diterima Wendell pada menit ke-71, namun pasukan Peter Bosz sukses membawa pulang tiga poin setelah Lucas Alario mengemas gol semata wayang pada menit ke-90.

Baca juga: Hujan enam gol terjadi saat Dortmund menjamu Leipzig

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar