Kemarin, penumpang pesawat menurun hingga penggantian direksi PLN

Kemarin, penumpang pesawat menurun hingga penggantian direksi PLN

Penumpang pesawat Wings Air saat menuju ke pesawat (Nurjali)

Itu euforia masyarakat saja, contohnya saya jual martabak, martabaknya enak orang pada datang, ..
Jakarta (ANTARA) - Informasi seputar mudik libur panjang Natal dan Tahun Baru menghiasi berita ekonomi pada Minggu (22/12), di antaranya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang turun.

Di sisi lain arus mudik melalui jalur darat menuju Sumatera dan Bali, justru meningkat.

Selain informasi mudik, berita terkait perombakan direksi PLN dan percepatan perbaikan jalur kereta api yang mengganggu perjalanan KA Bogor-Sukabumi, juga masih menarik untuk dibaca.

Berikut berita selengkapnya.

Penumpang Bandara Soekarno-Hatta turun hingga 11 juta orang sepanjang 2019 yakni 54,2 juta penumpang dari 65,6 juta penumpang sepanjang 2018.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam paparannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, menyebutkan penurunan penumpang secara keseluruhan di bandara yang dikelola AP II, yakni 18,85 persen.

“Kami memperkirakan pergerakan penumpang akan berpotensi menurun 18 persen menjadi 90,5 juta,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Penurunan jumlah penumpang melalui jalur udara salah satunya diperkirakan karena harga tiket pesawat yang mahal dan didukung akses jalur transportasi darat yang menjadi alternatif masyarakat seperti di Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera.

Kondisi itu terbukti dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera.

Tiga hari menjelang Perayaan Natal 2019, PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 19.822 kendaraan yang merupakan pemudik dari Pulau Jawa telah memasuki Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) via gerbang tol Bakauheni Selatan.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa peningkatan kendaraan pada arus mudik Natal di JTTS paling signifikan terjadi pada Sabtu (21/12).

Berita selengkapnya klik di sini

Tak hanya Jawa-Sumatera, penyeberangan Jawa-Bali juga meningkat menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Pergerakan kendaraan dan penumpang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, terpantau ramai lancar yang didominasi mobil pribadi dan tercatat terdapat 15.844 kendaraan meninggalkan Jawa menuju Bali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menyebutkan jumlah penumpang pada Sabtu pagi (H-5) hingga Minggu (H-4) pagi sebanyak 44.260 orang yang telah menyeberang ke Gilimanuk, Bali.

Jumlah ini naik 39 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 31.904 orang.

Berita selengkapnya baca di sini

Sementara itu, kemacetan di tol layang Jakarta-Cikampek yang baru dibuka mendapat tanggapan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Menhub, hadirnya Tol Layang Jakarta-Cikampek yang awalnya untuk mengurangi kepadatan, justru masih menimbulkan kemacetan itu bukan suatu kegagalan.

“Itu euforia masyarakat saja, contohnya saya jual martabak, martabaknya enak orang pada datang, banyak orang yang beli dalam satu jam sudah habis, masa saya dibilang gagal,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers usai pameran foto di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu.

Berita selengkapnya klik di sini

Sementara itu, bencana alam juga diantisipasi pemerintah saat musik liburan panjang, salah satunya longsor di jalur kereta api.

Perjalanan Kereta Api (KA) jurusan Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya terganggu akibat  longsoran di sekitar Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu petang.

"PT KAI Daop 1 Jakarta memohon maaf atas gangguan perjalanan KA Pangrango lintas Bogor - Sukabumi dampak cuaca buruk yang mengakibatkan bencana longsor di KM 17+400 jalur KA antara Stasiun Maseng - Cigombong," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa melalui keterangan tertulisnya.

Berita selengkapnya klik di sini

Informasi lain yang menarik untuk dibaca adalah pengumuman penggantian direksi PLN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan tiga posisi pimpinan PLN yang mengalami pergantian dan akan diumumkan Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan setrum negara itu pada Senin (23/12) sore.

"Direktur Utama, Komisaris Utama (Komut) dan Direktur Keuangan (Dirkeu) PLN akan ada pergantian besok Senin (23/12)," ujar Erick Thohir di Jakarta, Minggu malam.

Berita selengkapnya klik di sini
Baca juga: Syamsudin Noor Banjarmasin siap sambut penumpang dari seluruh dunia

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jumlah penumpang pesawat Bandara Halim Perdanakusuma kembali normal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar