Kapolda-Pangdam pantau pengamanan Natal di Solo

Kapolda-Pangdam pantau pengamanan Natal di Solo

Kepala Polda Jawa Tengah  Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (dua dari kanan) dan Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi (tiga dari kanan) saat melakukan perjalanan memantau pengamanan di sejumlah gereja di Solo, Selasa. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Kami bersama Pangdam Diponegoro sudah memberikan pengarahan soal pengamanan wilayah Polresta Surakarta, katanya
Solo (ANTARA) - Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melakukan pemantauan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Kota Solo, Selasa.

Kapolda bersama jajarannya, didampingi Pangdam IV Diponegoro, Waka Polda Jateng Brigjen Pol Achmad Lutfi, anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana, Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai, Danrem 074 Warastratama Brijen TNI Rafael Granada Baay memantau sejumlah gereja di Solo dengan mengendarai motor gede (moge).

Rombongan Kapolda bersama Pangdam saat berada di Mako 2 Polresta Surakarta mendengarkan paparan strategi pengamanan oleh Kapolresta Surakarta, dan kemudian dilanjutkan ke lokasi Gereja Santo Antonius Purbayan, Solo.

Rombongan Kapolda kemudian melanjutkan meninjau pengamanan di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo, dan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan Jebres Surakarta.

Menurut Kapolda Jateng Irjen pemantauan dilakukan di Gereja Santo Antonius Purbayan, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo, dan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan Jebres Surakarta, yang jumlah jemaatnya lebih dari 3.000 orang atau masuk prioritas 1.

"Kami mengucapkan selamat merayakan Natal bagi saudara-saudara umat Kristiani di wilayah Solo Raya khususnya, dan Jateng pada umumnya, dan selamat menjelang Tahun Baru 2020, mudah-mudahan kedamaian, kebahagiaan, keberkahan, perlindungan Tuhan Maha Kuasa selalu menyertai kita semuannya," kata Kapolda.

Menurut Kapolda, pihaknya bersama Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi baru saja melakukan pengecekan dan menerima paparan kesiapaan Polresta Surakarta untuk pelaksanakan pengamanan perayaan Natal 2019 dan kesiapaan malam Tahun Baru 2020.

"Kami bersama Pangdam Diponegoro sudah memberikan pengarahan soal pengamanan wilayah Polresta Surakarta," katanya.

Kapolda mengatakan, pihaknya melihat Polresta Surakarta sudah siap memberikan pengamanan, dan beberapa hal yang disampaikan untuk kekuatan personel yang didukung TNI bersama elemen masyarakat termasuk instansi terkait sudah cukup.

Namun, katanya, ada beberapa penekanan dalam pengamanan gereja-gereja yang menjadi prioritas, yakni sebanyak 171 gereja di Solo, yang terdiri 16 gereja prioritas 1, 22 gereja prioritas 2, dan 133 gereja prioritas 3.

Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi menambahkan jajaran TNI baik dari unsur AD, AU, dan AL siap mendukung tugas Polda Jateng dalam pengamanan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020.

"Kami khusus di wilayah Korem 074 Warastratama dan Kodim-Kodim sudah siap mendukung apa yang diminta oleh Polresta Surakarta," katanya.

Menurut Pangdam, personelnya yang sudah masuk di Pospam sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) atau 100 personel. Pihaknya juga telah menyiapkan personel masing-masing Kodim di wilayah Solo Raya satu satuan setingkat peleton dan dua SSK di Batalion 408.

Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mengatakan, pihaknya berharap masyarakat Solo Raya dapat rukun selama perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020.

"Saya berharap setiap dari kami dapat berkontribusi positif untuk bersama-sama mengamankan Natal dan tahun baru, sehingga berjalan lancar dan aman. Saya turut bersuka cita dalam datangnya Natal tahun ini," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar