Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (27/12) disiarkan Antara dan mungkin masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. Penyiram air keras Novel Baswedan anggota Polri aktif

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan dua pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan adalah anggota Polri aktif.

"Pelaku dua orang inisial RM dan RB. Keduanya anggota Polri aktif," kata Komjen Pol. Listyo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD membenarkan informasi bahwa pelaku penyerangan Novel Baswedan menyerahkan diri.

Baca selengkapnya disini

2. 40 anggota Polda Metro Jaya dipecat sepanjang 2019

Polda Metro Jaya mencatat terdapat 40 anggota Korps Bhayangkara yang diganjar hukuman pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) sepanjang tahun 2019.

Angka tersebut naik dari 32 personel yang diganjar hukuman PTDH pada 2018.

"Personel yang diberikan hukuman berupa PTDH sebanyak 40 orang pada 2019 ini atau naik sebanyak 25 persen dari tahun 2018 yang mencapai 32 orang," kata Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono di Polda Metro Jaya, Jumat.

Baca selengkapnya disini

3. PSI kembalikan dana reses, Prasetio: Seharusnya digunakan maksimal

Menyusul informasi anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengembalikan dana reses, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebutkan seharusnya dana tersebut digunakan semaksimal mungkin oleh fraksi PSI untuk menyerap aspirasi di wilayahnya.

"Uang reses itu bukan uang untuk dikembalikan. Uang itu untuk (menyerap aspirasi) masyarakat dengan ada fasilitasnya bayar tenda, bayar panggung, makanan dan kalau gini, PSI nanti kalau turun malah mungkin dia kekurangan dari uang segitu, itu kurang," kata Prasetio di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat.

Prasetio mengatakan jika uang itu dikembalikan, akan menyulitkan bagi Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk melakukan penyesuaian lagi.

Baca selengkapnya disini

4. Kereta jarak jauh telat, antrean penumpang terjadi di Gambir

Kereta api jarak jauh mengalami keterlambatan sehingga menyebabkan antrean penumpang di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Jumat malam.

Dari pantauan ANTARA, para penumpang menunggu hampir di seluruh lantai stasiun berlantai tiga tersebut. Bahkan para penumpang tersebut memenuhi bagian stasiun, mulai dari lantai dasar stasiun, tangga menuju lantai satu hingga peron di lantai dua.

Banyak di antaranya yang sudah duduk-duduk di lantai karena sudah tidak kebagian kursi karena membludaknya penumpang yang menunggu keberangkatan.

Baca selengkapnya disini

5. Polres Jakarta Utara tangkap DPO pinjaman "online" ilegal

Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Utara menangkap dua tersangka kasus pinjaman online ilegal yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Mereka ditangkap di Batam Center, kawasan pusat perbelanjaan sekaligus pelabuhan penyeberangan menuju Singapura," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Polisi, Budhi Herdi di Mapolres, Jumat.

Kapolres menjelaskan penangkapan itu melalui kerja sama dengan Polres Balerang, Kepulauan Riau. Awalnya, berdasarkan penyidikan Polres Jakarta Utara, dua tersangka itu diduga berada di wilayah Batam.

Baca selengkapnya disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019