Liga Jerman

Ini dana yang harus dikeluarkan Dortmund untuk boyong Erling Haaland

Ini dana yang harus dikeluarkan Dortmund untuk boyong Erling Haaland

Erling Haaland berpose bersama CEO Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke usai menandatangani kontrak kepindahan dari Red Bull Salzburg, Minggu (29/12/2019). (ANTARA/Twitter@BVB)

Jakarta (ANTARA) - Meski dibujuk habis-habisan, Manchester United kalah dalam perburuan dalam mendapatkan penyerang muda Erling Braut Haaland oleh Borussia Dortmund.

Penyerang timnas Norwegia tersebut bergabung dengan klub asal Jerman itu dengan kontrak lima tahun setelah Setan Merah diduga memutuskan mundur pada saat-saat terakhir.

Baca juga: Dortmund resmi umumkan kedatangan Haaland

Borussia Dortmund memboyong Haaland setelah menebus klausul rilisnya, yang dilaporkan mencapai 20 Juta euro (sekitar Rp311 miliar).

Namun, sebuah laporan dari La Gazzetta dello Sport dan Tuttosports yang dilansir Fox Sports pada Minggu (30/12) mengatakan bahwa Haaland membuat klub Jerman merogoh kocek lebih dalam.

Selain klausul rilisnya, Dortmund dilaporkan membayar komisi sebesar 15 juta euro (sekitar Rp233 miliar) untuk agen sang pemain Mino Raiola. Klub Bundesliga tersebut juga membayar 10 Juta euro (sekitar Rp155 miliar) biaya penandatangan kepada ayah Haaland, Alf-Inge Haaland.

Baca juga: Media Italia laporkan Haaland tertarik bergabung dengan Juventus

Media Jerman Bild juga mengklaim bahwa Haaland akan mengantongi gaji bersih sebesar 8 juta euro (sekitar Rp124 miliar) per musim hingga 2024, seandainya ia tetap di klub sampai kontraknya habis.

Manchester United, Juventus dan RB Leipzig juga dikatakan tertarik dengan penyerang jangkung tersebut. Namun, baik United maupun Juventus memutuskan untuk menarik proposal mereka karena tidak mau menerima persyaratan Raiola.

Baca juga: Man United jadi pilihan utama Erling Haaland bila tinggalkan Salzburg

Baca juga: MU buru-buru dekati si fenomenal Erling Haaland


Haaland akan secara resmi didaftarkan sebagai pemain anyar Dortmund setelah bursa transfer Januari terbuka. Ia diperkirakan akan melakukan pertandingan perdananya melawan FC Koln pada 25 Januari 2019.

Ia juga akan bisa bermain melawan Paris Saint Germain di babak 16 besar Liga Champions.(sumber Fox Sport)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar