diperkirakan IHSG bisa melaju ke zona hijau, seiring optimisme pemodal dalam menyongsong tahun baru yang diawali dengan penuh harapan pasar akan membaik
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) bergerak menguat pada perdagangan saham awal tahun 2020 yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

IHSG dibuka menguat 13,59 poin atau 0,22 persen ke posisi 6.313,13. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 2,68 poin atau 0,26 persen menjadi 1.017.

Baca juga: Presiden Jokowi minta bursa saham bersih dan berintegritas

"Transaksi perdana untuk tahun 2020, diperkirakan IHSG bisa melaju ke zona hijau, seiring optimisme pemodal dalam menyongsong tahun baru yang diawali dengan penuh harapan pasar akan membaik dibandingkan tahun sebelumnya," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Kamis.

Sepanjang 2019, pertumbuhan ekonomi belum beranjak dari angka lima persen dan ada kecenderungan terlihat mulai melambat. Bahkan jika ditarik hingga lima tahun terakhir perekonomian Indonesia flat di lima persen.

Baca juga: IHSG, (setidaknya) tetap tumbuh meski akhir tahun memerah

Kelesuan ekonomi global menjadi alasan pelambatan ekonomi Indonesia. Akibat perang dagang Amerika Serikat dan China, yang menekan ekspor dan menahan arus investasi ke dalam negeri.

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 masih tertahan di angka lima persen. Pasalnya, kondisi perekonomian global yang menantang akibat ketegangan perdagangan internasional berimbas pada melambatnya penggerak pertumbuhan domestik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi memprediksi pada Kamis ini IHSG akan bergerak variatif.

Baca juga: BEI diapresiasi, Sri Mulyani sebut IHSG ditutup cukup baik tahun ini

"Memasuki awal tahun baru seiring dengan dekatnya penandatangan perjanjian antara China dan AS, kami memprediksikan IHSG akan bergerak mixed pada pagi ini," ujar Lanjar.

Bursa saham regional Asia siang ini antara lain indeks Nikkei melemah 181,1 poin atau 0,76 persen ke 23.656,62, indeks Hang Seng menguat 278,87 poin atau 0,99 persen ke 28.468,62 dan indeks Straits Times menguat 11,49 poin atau 0,36 persen ke posisi 3.234,32.

Baca juga: IHSG tutup tahun di zona merah, imbas "January Effect"

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020