Manado (ANTARA News) - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Sulut), Djohani Silalahi mengatakan, aparat kejaksaan di daerah itu harus tertib moral dalam melaksanakan tugas.

"Tertib moral itu dalam rangka membangun kredibilitas yang tinggi untuk mencapai kinerja optimal," kata Silalahi pada Rapat Kerja Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri se Sulut di Manado, Senin.

Dia mengatakan, sampai saat ini, jajaran kejaksaan di daerah itu dalam pelaksanaan tugas-tugasnya belum mencapai tingkat disiplin sebagaimana yang diharapkan.

"Sehingga perlu secara terus menerus untuk meningkatkan disipilin yang mengacu pada enam tertib kejaksaan ditambah dengan tertib moral agar pelayanan kepada masyarakat, optimal," katanya.

Dalam Rapat kerja tersebut, setiap Kepala Kejaksaan Negeri maupun Kapala Cabang Kejaksaan negri di Sulut memaparkan hasil kerja yang telah dicapai selama tahun 2008.

Juga disampaikan berbagai materi yang meliputi bidang pembinaan, intelijen, pidana umum, pidana khusus, perdata dan tata usaha negera serta pengawasan.

Pemaparan tersebut, akan ditidaklanjuti dengan peninjauan ke lapangan untuk mengetahui apakah sesuai dengan yang dilaporkan atau tidak.

Hasil rapat tersebut juga, akan diaplikasikan di lapangan oleh segenap aparat kejaksaan.

Dengan langkah tersebut, apabila dapat memaksimalkan setiap fungsi dan melaksanakan tugas dengan baik, disiplin dan dilandasi dengan moral yang baik, maka kepercayaan masyarakat akan kejaksaan semakin meningkat.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009