Kemarin, pemulung raih berkah hingga TJ siapkan alternatif saat banjir

Kemarin, pemulung raih berkah hingga TJ siapkan alternatif saat banjir

Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyapa korban pengungsi bersama anaknya di posmo banjir Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (5/1/2019). ANTARA/Aji Cakti/am.

Jakarta (ANTARA) - Selama Sabtu (4/1) berbagai peristiwa terjadi di Ibu Kota Jakarta. Penanganan pascabanjir masih menjadi fokus utama pemberitaan.

Ragam peristiwa itu mulai dari pemulung yang raih untung selama banjir melanda Jakarta, ragam hal unik yang terjadi selama banjir di Teluk Gong, hingga Transjakarta merancang jalur alternatif untuk antisipasi banjir.

Berikut desk Metropolitan rangkumkan berita menarik kemarin yang layak disimak pada pagi ini:

1. Pemulung raih berkah banjir tahun baru Jakarta

Banjir Tahun Baru 2020 yang melanda Ibu Kota Jakarta tidak hanya sebagai musibah bagi warga terdampak tapi juga berkah bagi pemulung yang panen barang rongsokan.

"Ya banjir bawa berkah kalau kami nyebutnya, banyak barang bagus kami dapatkan," kata Yanto (48) saat ditemui di Kemang Selatan X, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan, Sabtu.

2. Ragam hal unik banjir Teluk Gong, evakuasi motor sampai dagang makanan

Sejak Rabu (1/1), banjir mengepung Ibu Kota Jakarta karena intensitas curah hujan yang tinggi selama 14 jam.

Tak terkecuali kawasan pesisir, banjir juga terjadi di Jakarta Utara. Salah satunya di Jalan Teluk Gong, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Banyak kejadian unik yang pewarta ANTARA temukan seperti warga yang mengevakuasi motor dengan galon air hingga penjual bakso tetap berjualan meski banjir sepinggang orang dewasa kala mengikuti proses pengiriman logistik ke dua tempat pengungsian, yaitu Masjid dan Pesantren Al-Muhajirin dan SDN 09 Pejagalan.


3. Anies sebut 211 sekolah Jakarta terendam selama banjir Jabodetabek

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sebanyak 211 sekolah di Jakarta terendam banjir menerjang Jakarta dan sekitatnya yaitu Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) pada tanggal 1 Januari 2020 lalu.

”Pada kejadian banjir kemarin, ada 211 sekolah yang terendam, itu seluruh tingkatan pendidikan di lima wilayah," kata Anies usai meninjau SMA 8 Jakarta yang terdampak banjir, Sabtu.

4. Dua lansia tewas dalam kebakaran di Permata Hijau Jaksel

Dua orang lansia dilaporkan tewas dalam peristiwa kebakaran yang melanda sebuah rumah di Permata Hijau, Jakarta Selatan. pada Sabtu dini hari.

Kebakaran melanda sebuah rumah mewah berlantai dua di Jalan Mirah Kencana Blok C-4 Nomor 48, Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Peristiwa dilaporkan oleh seorang warga bernama Azis pada pukul 04.35 WIB. Hingga kini petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kejadian.

5. Transjakarta rancang jalur alternatif untuk antisipasi banjir

PT Transjakarta akan merancang jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan ketika sejumlah koridor terputus karena banjir, sehingga pelayanan tidak terhenti.

"Belajar dari pengalaman tentunya (ada koridor yang sempat tidak beroperasi karena banjir oleh karena itu rute-rute alternatif untuk banjir ini sedang kita siapkan," kata Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksonodi.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Banjir masih genangi Kebon Pala-Jatinegara hingga malam hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar