Reli Dakar

Etape I Dakar 2020: Price melaju tanpa panduan, Zala mencuri perhatian

Etape I Dakar 2020: Price melaju tanpa panduan, Zala mencuri perhatian

Pebalap tim Red Bull KTM Factory Toby Price asal Australia di etape I Reli Dakar 2020 yang menempuh rute sepanjang 319km dari Jeddah ke Al Wajh, Minggu (5/1/2020) AFP/Franck Fife

Buku panduan jalan saya rusak setelah 15km
Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Toby Price dari tim Red Bull KTM Racing, meski kehilangan buku panduan lomba, mampu memenangi etape pertama Reli Dakar 2020 dan memimpin kategori sepeda motor mengalahkan Ricky Brabec di hari pertama.

Pebalap asal Australia itu menyelesaikan etape pertama yang menempuh rute 319km dari Jeddah ke Al Wajh dalam waktu tiga jam 19 menit 33 detik, demikian laman resmi Dakar, Minggu.

Brabec yang menggunakan motor Honda sempat memimpin di 100km pertama sebelum Price menyalip dan memimpin lomba. Pebalap asal Amerika Serikat itu sempat memperpendek jaraknya, namun harus puas finis kedua dengan selisih dua menit 5 detik.

Rekan satu tim Price, Matthias Walkner, yang merupakan juara Dakar 2018, menempel ketat di peringkat tiga hari itu terpaut dua menit 40 detik dari pimpinan etape.

Baca juga: Toby Price menangi etape I Dakar 2020

"Hari yang berat, tapi berjalan baik. Buku panduan jalan saya rusak setelah 15km, jadi itu aneh," kata Price yang mengincar gelar ketiganya di Dakar itu

"Saya cukup beruntung di satu sisi karena saya berhasil mengikuti jejak debu dan bertahan dari pesaing lainnya."

"Ketika road book hilang, maka kalian kurang lebih mengendarai dengan buta arah. Saat ini terlihat bagus di atas kertas, tapi saya kira kami akan dapat sedikit penalti.

"Bukan start yang bagus, tapi reli masih panjang. Kami dalam kondisi yang bagus."
 
Pebalap tim Red Bull KTM Factory Racing Toby Price. ANTARA/HO/KTM Media Libarry (ANTARA/HO/KTM Media Library)


Di nomor quad bike, Ignacio Casale asal Chile membawa motor roda empat Yamahanya terdepan dengan waktu empat jam 17 menit 37 detik, menyingkirkan Rafal Sonik ke peringkat dua dengan selisih lima menit 36 detik, dan Tomas Kubiena ke peringkat tiga.

Selanjutnya kategori mobil

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar