Kecelakaan beruntun tewaskan lima orang di Pennsylvania

Kecelakaan beruntun tewaskan lima orang di Pennsylvania

ilustrasi : kecelakaan beruntun. (ANTARA/Muhammad Yusuf/ H-FDH)

Pennsylvania (ANTARA) - Kecelakaan beruntun yang melibatkan bus wisata, tiga trailer traktor dan mobil penumpang menewaskan lima orang dan melukai sekitar 60 lainnya di Pennsylvania Turnpike pada Minggu pagi, kata polisi negara bagian di AS.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan telah mengirim tim investigasi kecelakaan ke Mount Pleasant Township, sekitar 40 mil (64 km) tenggara Pittsburgh, untuk menyelidiki penyebab tabrakan pada dini hari itu.

Kecelakaan itu memaksa penutupan jalan tol sepanjang 138 mil (138 km), jalan raya timur-barat utama melintasi negara bagian, di kedua arah antara pintu keluar menuju New Stanton dan Breezewood.

Bus wisata, dalam perjalanan dari Rockaway, New Jersey, ke Cincinnati, menuju ke bukit ketika berbelok ke tanggul di tikungan di jalan dan berguling di sisinya, juru bicara kepolisian negara bagian Stephen Limani mengatakan pada konferensi pers beberapa jam kemudian.

Dua trailer traktor kemudian menabrak bus dan trailer besar ketiga menabrak truk lain dalam reaksi berantai yang juga melibatkan mobil, kata Limani.

Lima orang dari kendaraan yang terlibat kecelakaan tewas di tempat dan sekitar 60 lainnya terluka, dua di antaranya digambarkan terluka parah, meskipun semua yang dibawa ke rumah sakit diperkirakan akan selamat, kata Limani.

Personel darurat juga menghadapi hambatan bahasa karena beberapa penumpang bus hanya berbicara bahasa Jepang, sementara yang lain hanya berbicara bahasa Spanyol, kata Limani. Mereka yang terluka berusia mulai dari 7 tahun hingga beberapa yang diyakini berusia 60-an, katanya.

Penyebab kecelakaan itu masih dalam penyelidikan. Tetapi Limani mengatakan beberapa pengendara melaporkan kondisi cuaca yang memburuk pada saat kecelakaan di daerah yang terletak di sabuk salju Pennsylvania barat.

"Ada curah hujan yang turun, dan saya yakin itu bisa menjadi penyebab," katanya kepada wartawan.

Bus itu dioperasikan oleh sebuah perusahaan bernama Z&D Tours, dan ketiga traktor itu semuanya adalah truk pengiriman paket, kata Limani. Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan bahwa salah satunya adalah truk FedEx.

Baca juga: Pemilik bus ditahan setelah kecelakaan yang tewaskan 36 orang

Baca juga: Petinggi militer Taiwan tewas dalam kecelakaan helikopter Black Hawk

Baca juga: Kecelakaan di tol Pandaan sebabkan tiga orang meninggal dunia


Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar