erlaksananya penandatanganan kesepakatan kerja sama Tri Dharma dengan University of Pennsylvania ini menjadi lompatan besar bagi FKG UI dalam perluasan jaringan di tingkat global
Depok (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan University of Pennsylvania (UPenn), Amerika Serikat (AS), dengan menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Terlaksananya penandatanganan kesepakatan kerja sama Tri Dharma dengan University of Pennsylvania ini menjadi lompatan besar bagi FKG UI dalam perluasan jaringan di tingkat global," kata Dekan FKG-UI Nia Ayu Ismaniati di Kampus UI Depok, Rabu.

Terlebih reputasi UPenn sebagai Ivy League Amerika Serikat, kata dia, tentu ini akan berdampak positif terhadap kemajuan ilmu kedokteran gigi di Indonesia dan FKG UI menjadi pelopornya.

Ivy League merupakan sebuah asosiasi yang terdiri dari delapan universitas di Amerika Serikat. Istilah Ivy League bermakna kesempurnaan akademis dan elitisme akademis.

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Dekan FKG UI Nia Ayu Ismaniati dan Associate Dean for Global Affairs and Advanced Dental Education, University of Pennsylvania (UPenn), Syngcuk Kim.

Baca juga: FKG UI catat prestasi prestisius ujian teori uji kompetensi
Baca juga: Tiga produk unggulan hasil inovasi dan riset diperkenalkan FKG UI


Rektor UI Ari Kuncoro menyambut baik realisasi kesepakatan tersebut, mengingat tidak mudah untuk dapat berkolaborasi dengan universitas top sekelas University of Pennsylvania.

Rektor UI itu berharap kerja sama seperti ini sebaiknya diikuti oleh fakultas-fakultas lainnya di UI untuk meningkatkan reputasi universitas tersebut.

Kolaborasi diwujudkan sebagai komitmen FKG UI mendukung internasionalisasi UI untuk meningkatkan reputasi, serta bertujuan mengembangkan peluang kerja sama pada berbagai bidang ilmu kedokteran gigi.

Keberhasilan FKG UI dalam menginisiasi kolaborasi ini menambah catatan sejarah bagi hubungan kerja sama UI dengan universitas mitra di kawasan AS. Hal ini diawali dari upaya gigih Departemen Konservasi Gigi FKG UI yang dipimpin Anggraini Margono untuk mengirimkan calon staf pengajarnya melanjutkan program PhD di sana.

FKG UI menjadi fakultas pertama di UI yang berhasil menembus kesepakatan kerja sama dengan University of Pennsylvania.

Baca juga: Mahasiswa Kedokteran UI masuk top 3 kompetisi ilmiah internasional
Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI raih akreditasi internasional


 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023