Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) Muhammad Rifai Hasbi meraih Juara 1 Duta Bahasa DKI Jakarta 2023 dan akan berkompetisi lagi di level nasional.

"Penggunaan bahasa daerah dalam keseharian generasi muda saat ini makin ditinggalkan dan penggunaannya juga sangat terbatas," kata Muhammad Rifai Hasbi di Kampus UI Depok, Senin.

Ia mengatakan minimnya pembelajaran bahasa daerah di sekolah juga turut menurunkan pengetahuan dan penggunaan bahasa daerah sehari-hari oleh generasi muda.

Muhammad Rifai menciptakan produk inovasi dengan pendekatan kekinian sebagai wujud nyata kontribusi anak muda Indonesia dalam upaya perlindungan dan pelestarian bahasa daerah di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa UI juara kompetisi konstruksi internasional

Baca juga: Mahasiswa FT UI juara dua kompetisi CESTION


Inovasi yang dinamai "Telusur Bahasa", ini bisa diperluas manfaatnya hingga ke pelosok negeri, tentunya dengan dukungan semua pihak, terutama anak muda di Tanah Air.

Muhammad Rifai Hasbi unggul atas 30 finalis lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dinobatkan sebagai pemenang oleh Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Dr. Muh. Abdul Khak, M. Hum.

Rifai melalui tahap penilaian dewan juri berkat keunggulan dalam menyajikan produk krida atau inovasi, Telusur Bahasa.

Inovasi tersebut merupakan sebuah permainan papan seri edukasi bahasa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Melayu, Betawi, Batak, dan Bugis. Uniknya, permainan ini menyatukan permainan populer monopoli dan ludo berisi kartu tantangan dan kartu sanksi dengan fitur Augmented Reality.

Saat ini, produk inovasi tersebut berhasil menjangkau lebih dari 450 orang generasi muda di DKI Jakarta untuk belajar bahasa daerah.

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K)., menyampaikan rasa bangga atas pencapaian tersebut. Keberhasilan ini menjadi potret bahwa mahasiswa FKG UI tidak hanya unggul di bidang keilmuan kedokteran gigi semata, melainkan juga di bidang kompetensi lainnya.

Saya berharap, dengan dinobatkannya Rifai sebagai Duta Bahasa DKI Jakarta 2023, dapat menjadi role model bagi generasi muda Indonesia untuk senantiasa melestarikan bahasa dalam bentuk literasi dan edukasi.

Baca juga: Mahasiswa FKG UI raih 8 penghargaan pada kompetisi di Medan

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI raih juara 2 kompetisi pariwisata Indonesia

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023