Keberhasilan tim mahasiswa FKG UI masuk ke dalam jajaran top 3 di ajang kompetisi ilmiah bergengsi ini, menjadi bukti bahwa kompetensi sivitas akademika FKG UI sangat diperhitungkan pada level internasional
Depok (ANTARA) - Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) berhasil menembus top 3 pada ajang kompetisi ilmiah internasional,  International Stomalogical Students Clinical Skill Competition 2023, setelah berhasil melalui empat tahapan (stage) kompetisi.

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K) di Kampus UI, Jumat, mengatakan, keberhasilan tim mahasiswa FKG UI masuk ke dalam jajaran top 3 di ajang kompetisi ilmiah bergengsi ini, menjadi bukti bahwa kompetensi sivitas akademika FKG UI sangat diperhitungkan pada level internasional.

Hal ini mengingat peserta yang berpartisipasi berasal dari universitas-universitas ternama dan memiliki reputasi yang terbaik.

Baca juga: FTUI dalami kompleksitas manufaktur untuk kurangi tenaga manusia

"Semoga capaian ini menjadi motivasi untuk terus mengasah pengetahuan dan pengalaman untuk menghadapi kompetisi yang lebih tinggi di masa yang akan datang," kata Dr. Nia.

Tim yang terdiri dari Athaya Angel Wardhani, Caroline Sugandi, M. Ilham Prima Adiputera, merupakan mahasiswa FKG UI tahun 2020. Berkat kompetensi dan kolaborasi tim yang baik, akhirnya delegasi UI berhasil menyingkirkan 130 peserta lainnya yang berasal dari Jepang, Thailand dan Korea.

Sebagai satu-satunya tim yang mewakili Indonesia di ajang internasional ini, tim mahasiswa FKG UI berhasil melalui empat tahapan (stage) kompetisi.

Tahapan tersebut yaitu cardiopulmonary resuscitation (CPR) and chopstick skills, suturing and dental anatomy drawing, class II preparation serta intra oral scanning and clinical thinking.

Baca juga: UI dorong penggunaan motor listrik di dalam kampus

Dr. Nia juga mengapresiasi tiga orang Dosen FKG UI yang telah sukses menjadi pembicara pada CAPS UIP 2023. Semoga analisis ilmiah yang dipaparkan dapat berdampak positif terhadap perkembangan ilmu kedokteran gigi terutama di kawasan Asia.

Ajang ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Campus Asia Plus Symposium and University Immersion Program (CAPS UIP) 2023” yang diselenggarakan di West China School of Stomalogy, Sichuan University, Chengdu, China.

Campus Asia Plus Symposium and University Immersion Program (CAPS UIP) 2023 diikuti oleh FKG dari lima negara, yakni West China School of Stomatology, Sichuan University, Chengdu, China; Graduate School of Dentistry Tohoku University, Japan.

Selain itu ada juga dari School of Dentistry Seoul National University, Korea; Faculty of Dentistry Chulalangkorn University, Thailand; Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia.

Baca juga: UI periksa kesehatan 9.000 lebih mahasiswa baru

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023