Depok (ANTARA) - Rangking dunia Universitas Indonesia (UI) meningkat versi pemeringkat Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024 dari posisi 629 menjadi di posisi 457.

UI juga masih menjadi yang terbaik di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings (SIR) 2024 setelah sebelumnya selama tiga tahun berturut-turut menempati posisi 1 di Indonesia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro di Depok, Jumat merasa bangga atas pencapaian dari seluruh sivitas akademika UI yang telah berkontribusi, sehingga UI menjadi yang teratas di Indonesia versi SIR 2024.

"Setelah tiga tahun berturut-turut menempati posisi 1, tahun ini UI kembali berada di posisi 1 di Indonesia," katanya.

Menurut Prof. Ari yang lebih menggembirakan, peringkat UI juga naik signifikan di tingkat global. Hal ini tentu membanggakan bagi kami. Ke depannya, semoga UI dapat meningkatkan kinerja penelitian, melahirkan inovasi unggul, dan mampu memberikan dampak sosial secara luas.

Baca juga: Mahasiswa asing di UI nikmati tradisi berpuasa hingga war takjil

Peringkat UI ini didasarkan pada penilaian tiga indikator, yakni research (kinerja penelitian), innovation (luaran inovasi), dan societal (dampak sosial).

Untuk keseluruhan sektor, indikator research UI menempati posisi 1 di Indonesia, 4 di level Asia, dan 8 di dunia, sedangkan indikator societal UI ada di posisi 1 Indonesia, 1 Asia, dan 4 dunia.

Sementara, untuk sektor perguruan tinggi, indikator research UI menempati posisi 1 Indonesia, 5 Asia, dan 8 dunia, sedangkan indikator societal UI ada di posisi 1 Indonesia, 2 Asia, dan 5 dunia.

SIR membagi luaran ilmiah lembaga ke dalam 19 subject area. Luaran UI berhasil masuk dalam 18 subject area dengan 9 di antaranya menduduki posisi 1 di Indonesia.

Baca juga: UI kolaborasi dengan kampus di Korsel kembangkan industri teknologi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024