Depok (ANTARA) - Departemen Konservasi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar bakti sosial di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara sebagai pelaksanaan poin ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Ketua Pelaksana Harian, drg. Aan Midad di Depok, Ahad, mengatakan Kegiatan bakti sosial merupakan bentuk kontribusi nyata dalam upaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Secara umum, kegiatan bakti sosial ini terdiri dari penyuluhan gigi anak dan sikat gigi bersama yang dilaksanakan di SDN 01 Pulau Kelapa diikuti 150 anak, kemudian dilanjutkan penyuluhan dan pengobatan gigi dewasa yang dilaksanakan di Puskesmas Pulau Kelapa yang diikuti 82 orang mewakili RW kelurahan Pulau Kelapa.

Selain itu juga ada pemberian sembako, donasi 200 buku untuk RPTRA Nyiur Melambai Pulau Kelapa dan SDN 02 Pulau Kelapa serta Sustainable project bekerjasama dengan SPKP (sentra penyuluh konservasi pedesaan) dan Wakaf Produktif Indonesia untuk meningkatkan awareness masyarakat melalui media sosial dalam rangka konservasi mangrove dan pemasaran produk UMKM pulau kelapa, acara berupa focus group discussion dan simbolis penanaman 100 mangrove.

Baca juga: UI-Universitas di Taiwan kolaborasi layani pasien berkebutuhan khusus

Baca juga: Mahasiswa FKG UI raih juara 1 duta bahasa DKI Jakarta


Berbagai kegiatan ini menjadi langkah strategis Departemen Konservasi Gigi FKG UI untuk mewujudkan sustainable development goals (SDGs), khususnya pilar ketiga Good Health and Wellbeing.

Ketua Bakti Sosial Drg. Ike Dwi Maharti, Sp.KG(K) mengatakan masyarakat begitu antusias menyambut bakti sosial. "Mereka senang dan terbantu sekali dengan adanya bakti sosial. Apalagi seluruh pemeriksaan dan perawatan kemarin gratis tanpa dipungut biaya," katanya.

Selain itu, serangkaian kegiatan tentu tidak dapat terlaksana tanpa bantuan dari berbagai pihak, mulai dari Kecamatan kepulauan seribu utara, Kelurahan pulau kelapa, Sudinkes Kep. Seribu, Sudin Pendidikan kep. Seribu, RPTRA Nyiur Melambai, Puskesmas Pulau Kelapa, Polsek Kep. Seribu Utara, SDN 01 dan 02 Pulau Kelapa, Kolinlamil, dan berbagai stake holder yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Ike berharap kegiatan bakti sosial berikutnya mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas. "Semoga adanya kegiatan Bakti Sosial ini, banyak masyarakat yang bisa terbantu dan meningkatkan kualitas hidup mereka," katanya.

Bakti Sosial ini telah dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 20-21 Juli 2023. Acara berlangsung mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

Bakti sosial yang akan dilaksanakan terdiri atas kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut sebagai upaya preventif dan promotif serta pemeriksaan gigi bagi anak-anak dan dewasa.*

Baca juga: FKG UI beri penyuluhan dan pemeriksaan gigi masyarakat Manggarai Barat

Baca juga: FKG UI catat prestasi prestisius ujian teori uji kompetensi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023