Boyband K-pop X1 resmi bubar

Boyband K-pop X1 resmi bubar

Grup K-pop X1. (Twitter/x1official101)

Jakarta (ANTARA) - Grup idola pria Korea Selatan, X1 memutuskan untuk bubar di tengah skandal pemilihan suara yang melibatkan acara audisi TV kabel, di mana mereka memulai debutnya lima bulan lalu.

Baca juga: X1 belum pernah dibayar sejak debut?

Dilaporkan Yonhap, Senin, Starship Entertainment, MBK Entertainment dan tujuh agensi manajemen lainnya yang mewakili 11 anggota X1 memutuskan untuk membubarkan boyband tersebut.

"Kami bernegosiasi (soal nasib grup) di antara agensi anggota lainnya dengan konsensus, tetapi gagal, jadi kami memutuskan untuk membubarkan grup," tulis agensi-agensi tersebut melalui siaran pers.

Baca juga: X1 penuhi janji "apel" usai menang perdana dalam "The Show"

Pada 27 Agustus, 11 pemenang akhir dari acara kompetisi idola pilihan penggemar Mnet "Produce X 101" memulai debutnya dengan album "Quantum Leap".

X1 menunda karirnya akhir tahun lalu di tengah meningkatnya tuduhan bahwa acara musim keempat dari seri "Produce", diduga memanipulasi hasil suara penggemar.

Pengarah acara dan produser utama dibawa ke tahanan polisi bulan lalu dengan tuduhan menerima suap senilai puluhan juta Won dari agen-agen bakat dengan imbalan memperbaiki hasil voting yang mendukung anggota tertentu.

Keputusan pembubaran ini tetap dilakukan meskipun ada janji pekan lalu dari perwakilan Mnet, CJ ENM, untuk menjamin karir X1 tetap berjalan

Setelah secara resmi meminta maaf atas skandal kecurangan suara, CJ mengatakan pekan lalu akan memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk X1 dan IZ*ONE, girl band yang memulai debutnya melalui musim ketiga acara, untuk melanjutkan karir mereka.

Meskipun X1 dibubarkan, Mnet akan "meninjau secara positif" dimulainya kembali karir panggung IZ*ONE.

Grup beranggotakan 12 orang ini debut pada Februari tahun lalu melalui musim ketiga acara "Produce", yang juga dituduh mencurangi voting, dan membuat IZ*ONE juga menangguhkan karirnya akhir tahun lalu.


Baca juga: IZONE dan X1 akan dibantu CJ ENM untuk lanjutkan karier

Baca juga: Masih terjerat skandal, Mnet tidak membuat acara kompetisi bakat baru

Baca juga: Video, wawancara Kim So-hee "Produce 101"di Jakarta

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar