Washington, (ANTARA News) - Siap manggung. Ini situasi yang dihadapi "Anak-anak Reggae" (Reggae Boyz) dari Jamaika Rabu dalam menghadapi pertandingan kandang harus-menang guna mempertahankan mimpi mereka untuk merebut satu tempat pada babak kualifikasi akhir Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 dari zona Amerika Utara dan Tengah serta Karibia (CONCACAF).

Sebanyak tiga dari enam tiket bagi turnamen kualifikasi akhir round-robin tahun 2009 masih diperebutkan, sementara Amerika Serikat, Kosta Rika dan El Salvador sudah mendapatkan tempat mereka bagi babak akhir kualifikasi pada tahun depan itu, demikian diwartakan AFP.

Para pemain Jamaika akan menjamu Kanada yang sudah tersingkir sementara pemimpin Grup B Meksiko akan bertandang ke Honduras dengan setiap tim tidak memiliki posisi yang kuat untuk bisa digeser Jamaika dan kemudian bisa tersingkir jika skuad Karibia itu bisa menaklukkan Kanada yang tidak pernah menang.

Dengan Meksiko mengoleksi 10 poin dan Honduras sembilan poin, Jamaika yang baru mengumpulkan tujuh poin, harus menang untuk bisa membangkitkan harapan mereka lagi. Jika mereka menang, maka suatu kemenangan Meksiko akan membuat Honduras tersingkir dan para "Reggae Boyz" itu maju ke babak akhir kualifikasi.

Jika Honduras menang di kandang, jalan Jamaika akan semakin sulit untuk menembus babak berikutnya. Jamaika membuntuti Meksiko dengan tujuh poin dalam selisih gol yang tidak begitu besar dan akan perlu melibas Kanada, yang telah menyerah dengan kebobolan 10 gol dalam lima pertandingan.

Suatu hasil imbang Honduras-Meksiko akan membuat tim Meksiko itu unggul dalam poin dan memerlukan Jamaika untuk dapat mengatasi selisih enam gol di bawah Honduras.

Meksiko mengalahkan Honduras 2-1 di kandang mereka pada 20 Agustus lalu untuk membuka babak kualifikasi itu sementara Jamaika dan Kanada membuka babak itu dengan hasil imbang 1-1 di hari yang sama.

Tim lain yang berhak atas tempat di babak akhir kualifikasi itu juga terjadi di Grup A, tempat tim AS yang telah merebut satu tiket di tahap berikut akan menjamu Guatemala, dan Kuba, yang sudah tersingkir, akan bertandang ke Trinidad and Tobago.

Suatu hasil imbang atau menang oleh tuan rumah di Port-of-Spain akan mengirim Trinidad dan Tobago ke babak berikut. Jika Kuba membuat kejutan, Guatemala masih harus mengalahkan Amerika di kandang mereka untuk maju.

Tim AS menang 1-0 atas Guatemala dalam pembukaan babak kualifikasi zona itu sementara Trinidad dan Tobago mengalahkan tuan rumah Kuba 3-1.

Kosta Rika yang belum terkalahkan akan berkunjung ke El Salvador dalam suatu pertemuan tim-tim di Grup C, sementara Suriname akan menjamu Haiti dalam pertandingan menghadapi skuad-skuad yang sudah tersingkir.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008