Medan (ANTARA News) - Sebanyak 447 jemaah calon haji (Calhaj) asal Medan yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 15 Embarkasi Medan lebih cepat delapan menit berangkat ke tanah suci.

Humas Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H. Solehuddin kepada ANTARA News, Selasa, malam mengatakan, jemaah Calhaj tersebut berangkat dengan menggunakan penerbangan Saudi Arabian Airlines pukul 19.32 WIB.

Sementara itu jadualkan pemberangkatan jemaah Calhaj yang telah ditentukan panitia haji, yakni pukul 19.40 WIB.

"Jadi pemberangkatan jemaah Calhaj yang seluruhnya adalah warga Medan mengalami kecepatan delapan menit.Selama ini jemaah Calhaj Embarkasi Medan sering terlambat pemberangkatan ke tanah suci tersebut, " ujar dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, jemaah Calhaj Kloter 15 itu adalah merupakan gelombang II. Sedangkan kloter 01 hingga kloter 14 adalah gelombang I.

Sementara itu, jemaah haji tertua yang tergabung pada Kloter 15, atas nama Muhammad Ayub bin Sutan Retak (89) warga Medan.Sedangkan jemaah haji termuda, yakni, Tiara Atzakiah binti Bismar Talib Lubis (17) penduduk Medan.

Jemaah Calhaj asal Sumut yang akan berangkat ke tanah suci tercatat sebanyak 8.185 orang dan terdiri dari 19 kloter.

Para jemaah haji Sumut yang sudah tiba di Madinah dan Makkah, saat ini seluruhnya dalam keadaan sehat dan tidak ada yang sakit, katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008