Jeddah  (ANTARA News) - Sebagian anggota jemaah ibadah haji khusus (ONH Plus) yang terlantar di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Malaysia, mulai masuk ke Arab Saudi melalui Bandara Raja Abdul Aziz Jeddah pada Rabu malam.

Laporan perwakilan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang diterima kantor Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Jeddah menyebutkan, pesawat Malaysia Airlines yang membawa 42 anggota jemaah yang dikoordinir PT Amalia Nur Karomah tiba di Bandara Raja Abdul Aziz pukul 19.07 waktu Arab Saudi.

"Dari bandara mereka langsung menuju ke Mekah," kata Khoirizi, anggota Tim Pengawas Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus di Bandara Jeddah.

Menurut laporan PIHK tersebut, kata Khoirizi, jemaah tersebut akan diinapkan di Hotel Aziat Makarim di Mekah.

Selanjutnya, di Madinah mereka akan diinapkan di Hotel Dallah dan di Jeddah mereka akan menginap di Hotel Tafwed.

Khoirizi mengatakan, hingga saat ini Tim Pengawas tengah menginventarisir penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh PIHK yang menelantarkan 338 anggota jemaahnya di KLIA tersebut.

"Kami akan lihat dulu tingkat kesalahannya dan meminta konfirmasi dari pihak yang bersangkutan. Hasilnya akan kami serahkan kepada pemerintah supaya bisa dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait masalah itu," katanya.
(*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2008