Palu (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai NasDem sekaligus Ketua Fraksi NasDem di DPR-RI Ahmad M Ali membawa 14 pejabat Kementerian Pertanian untuk bersama-sama  mendengar langsung (menjaring aspirasi) kebutuhan petani di Sulawesi Tengah.

"Dulu, saya hadir ditempat ini membawa harapan. Sekarang, saya hadir menunaikan harapan masyarakat utamanya petani," ucap Ahmad M Ali dalam resesnya di Kabupaten Parigi Moutong, Minggu.

Keikutsertaan pejabat Kementerian Pertanian, kata Ahmad Ali dimaksudkan untuk mempercepat penyelesaian masalah di sektor pertanian dan percepat kebangkitan pertanian Sulteng.

Baca juga: Senator Pastika dengarkan "curhat" persoalan petani Bali

Politisi tersebut dan para pejabat hingga saat ini telah bertemu dan menjaring aspirasi masyarakat di dua kabupaten di Sulteng yakni Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong.

Ahmad Ali yang merupakan Anggota Komisi VII DPR-RI bersama 14 pejabat Kementerian Pertanian telah menyerahkan bantuan alsintan untuk pemulihan pertanian di Kabupaten Donggala, meliputi bantuan 25 alat mesin pertanian jenis handtractor roda 4 daya 10 combine.

Di Donggala, ia bersama pejabat tersebut juga menyerahkan bantuan Rp100 miliar dana KUR, 100 sapi, 100 kambing, bantuan bawang putih untuk 700 hektare, bantuan bawang merah untuk 50 hektare.

Dirinya meminta pejabat Kementerian Pertanian yang ikut untuk segera merealisasikan program yang diserahterimakan tersebut tidak lebih dari dua pekan ke depan.

Dirinya juga berharap agar dengan adanya pertemuan langsung antara petani dan pejabat Kementerian Pertanian, kebutuhan petani dapat dipenuhi dan tidak lagi terjadi kelangkaan pupuk.

Berkaitan dengan itu Bupati Parigi Moutong Samsul Rizal Tombolotutu, menilai masyarakat Parigi Moutong tidak salah memilih dan memenangkan Ahmad M Ali pada pemilu 2019 lalu.

Baca juga: Pemprov Lampung berharap dukungan DPR dalam mengentaskan kemiskinan

"Hari ini, beliau membuktikan kesungguhannya membangun Parigi Moutong kepada kita semua. Karena itu, atas nama pemerintah saya menyampaikan terima kasih," sebut Samsul Rizal.

Pejabat Kementerian Pertanian yang ikut reses Ahmad M Ali di Sulteng antara lain, Staf Khusus Mentan Lutfi Halide, Sekertaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah, Direktur Alsintan Ditjen PSP, Andi Nur Alamsyah, Direktur Pembiayaan Indah Megawati, Kapuslat BPPSDMP, Bustanul Arifin Caya.

Kemudian, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Edy Purnama, Direktur Perbenihan Perkebunan Saleh Muhtar dan Direktur Perbenihan pada Ditjen Hortikultura Sukarman.
Ketua Fraksi NasDem di DPR-RI Ahmad M Ali bersama 14 pejabat Kementerian Pertanian bertemu dengan masyarakat/petani di Kabupaten Parigi Moutong. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Ketua Fraksi NasDem di DPR-RI Ahmad M Ali mencoba satu alat mesin pertanian yang diserahkan kepada petani di Donggala (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020