Jakarta (ANTARA News) - Sepuluh musisi jazz Indonesia akan tampil bersama dalam sebuah kolaborasi musik dalam gelaran festival musik "Jak Jazz 2008" yang akan berlangsung di Istora Senayan Jakarta, 28-30 November 2008.

Ireng Maulana dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Jumat mengungkapkan bahwa kemeriahan Jak Jazz 2008 akan semakin terasa dengan adanya kolaborasi spesial dari sepuluh musisi jazz lintas generasi. Angka 10 dipilih karena bertepatan dengan penyelenggaraan Jak Jazz yang ke-10 pada tahun ini.

Kesepuluh musisi tersebut adalah Ireng Maulana, Idang Rasjidi, Yance Manusama, Benny Likumahua, Rudi Surbekti, Didiek SSS, Syaharani, Sam Panuwun, Tompi, dan Mergie Seger. Mereka adalah musisi jazz yang sudah tak asing lagi di kalangan penikmat musik Indonesia.

"Kepiawaian mereka dalam bermusik sudah terbukti melalui berbagai penampilan mereka di berbagai acara jazz nasional dan internasional. Semoga penampilan mereka kali ini meninggalkan jejak manis di ingatan penikmat musik Tanah Air," ujarnya.

Menanggapi segera dimulainya kembali festival jazz akbar dan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan dalam menyambut Jak Jazz 2008, Ireng Maulana mengaku sangat gembira dan tidak sabar untuk benar-benar menghadirkan sebuah pertunjukan jazz spesial dan berkualitas dalam rangka memperingati edisi ke-10 Jak Jazz.

Jak Jazz 2008 akan berlangsung pada 28, 29, 30 November mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh perusahaan rokok merk Dji Sam Soe ini mengangkat "A Whole Lotta Jazz" yang berarti sebuah tontonan jazz yang menghadirkan musisi dan penyanyi beragam usia, beragam aliran musik jazz.

Beberapa nama musisi jazz lokal dan internasional yang akan meramaikan Jak Jazz 2008 antara lain Kyoto Jazz Massive, Daniel Sahuleka, Yellow Jackets, Abraham Laboriel, Syahrani & The Queenfireworks, Iga Mawarni & Friends, Indra Lesmana Reborn, Tohpati, Djabe, dan Steve Hackett.

Ireng mengatakan sebagai ajang pemanasan sebelum Jak Jazz 2008, telah digelar dialog tentang jazz di Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Selain itu, digelar pula pertunjukan jazz di Bandung pada 5 November lalu dan di Jakarta pada 22 November. Acara bertajuk "Jazz Fever" ini dimeriahkan penampilan beberapa musisi jazz yang akan tampil di Jak Jazz 2008 yakni Ireng Maulana, Syaharani, dan Tompi. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2008