BI sebut KTI tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia

BI sebut KTI tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (kiri) disela peninjauan pameran pada KTI Digifest 2020 yang berlangsung pada 11-12 Januari 2020 di Celebes Convention Center, Makassar. ANTARA Foto/HO/Humas Pemprov Sulsel

...pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia berada di KTI.
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) HM Nurdin Abdullah mengatakan QR Code Indonesia Standard (QRIS) adalah inovasi transaksi pembayaran yang digagas Bank Indonesia untuk pendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal itu dikemukakan Gubernur Sulsel di sela-sela kegiatan Kawasan Timur Indonesia Digital festival 2020 (KTI Digifest 2020) yang digelar 11 - 12 Januari 2020 di Makassar.

"Apa yang dilakukan oleh BI adalah sebuah inovasi dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini dan patut diapresiasi," katanya.

Berkaitan dengan hal itu, dia berharap, forum ini tidak hanya bicara digitalisasi ekonomi, tetapi juga menyentuh masyarakat di pelosok, yang masih mengandalkan pinjaman yang tidak resmi seperti praktik ijon atau rentenir.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan kegiatan ini dihadiri perwakilan BI dari dalam dan luar negeri. Di tengah perlambatan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi KTI menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif.

"Walaupun KTI dikatakan jauh dari pusat ibu kota, pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia berada di KTI. Jadi KTI tulang punggung pertumbuhan Indonesia," kata Bambang.

Dia memaparkan Sulsel sebagai hub di KTI semakin meningkatkan perdagangan. Sulsel sebagai mesin pertumbuhan bagi KTI dan tumbuh tinggi di atas rata-rata nasional.

Untuk itu, pihakya mendorong generasi milenial memiliki optimisme terhadap perekonomian. Tantangan yang ada adalah literasi keuangan digital yang harus ditingkatkan. Selain itu masih banyak kawasan KTI yang blank spot, karena hanya sekitar 50 persen kawasan KTI yang mendapatkan sinyal kuat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng yang turut hadir menyampaikan BI akan mendukung upaya Pemprov Sulsel dalam menjaga pertumbuhan ekonomi tetap tinggi di atas tujuh persen atau di atas rata-rata pertumbuhan nasional.

Pada kegiatan KTI Digifest 2020 yang diikuti ratusan tenant ini selain menghadirkan aneka pameran dan lomba juga menyuguhkan hiburan yang menarik pada pengujung diantaranya penampilan Band Ibukota Gigi dan Band Indie dari komunitas seniman musik di daerah ini.

Baca juga: Presiden Jokowi laporkan kondisi ekonomi Indonesia pada HUT PDIP

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dorong pariwisata jadi tumpuan pertumbuhan ekonomi Temanggung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar