Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa Politik yang terjadi Minggu (12/1/2019) disiarkan antaranews.com dan masih dapat dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Presiden jadi pembicara utama Abu Dhabi Sustainable Week

Presiden Joko Widodo akan menjadi pembicara utama dalam perhelatan Abu Dhabi Sustainable Week di Uni Emirat Arab.

"Ini acara yang prestisius tentang sustainability, bukan hanya lingkungan tetapi juga mengenai bagaimana ekonomi berkelanjutan, teknologi yang berkelanjutan dan lainnya. Jadi Presiden hadir sebagai pembicara kunci di Abu Dhabi Sustainable Week," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Minggu.

Baca selengkapnya

2. Presiden tinjau Helikopter Caracal di Halim Perdanakusuma

Sesaat sebelum lepas landas menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk meninjau Helikopter Caracal milik TNI Angkatan Udara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Helikopter berjenis EC-725 AP/Caracal tersebut nantinya akan digunakan dalam kegiatan kepresidenan.

"Presiden tadi melihat Heli Caracal milik TNI Angkatan Udara. Beliau melihat situasi di dalam pesawat, termasuk menanyakan masalah safety pesawat," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang turut mengantar keberangkatan Presiden ke Abu Dhabi seperti yang dirilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca selengkapnya

3. Tiga KRI Koarmada I Usir kapal asing di Perairan Natuna
​​​​​​​
Tiga Kapal Republik Indonesia (KRI) unsur gelar Operasi Siaga Purla 2020 bermanuver di perairan Laut Natuna Utara untuk mengusir kapal-kapal ikan asing yang masih berada di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia wilayah perairan laut Natuna untuk keluar dari ZEEI.

Hal tersebut disampaikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, usai melaksanakan patroli udara dan memantau perairan laut Natuna dari udara, dengan menggunakan Pesawat Intai Maritim Boeing 737 AI-7301 milik TNI AU, Ranai, Natuna, Sabtu (11/1/2020).

Baca selengkapnya

4. Hasto siap penuhi panggilan KPK
​​​​​​​
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami beberapa kali berdialog ketika kami mengundang KPK ya KPK datang membahas bagaimana membangun sebuah sistem keuangan partai yang transparan, yang baik. Ketika KPK mengundang kami pun, saya akan datang," kata Hasto di sela Rakernas I PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca selengkapnya

5. Soal suap PAW, Hasto: Di luar tanggung jawab PDIP
​​​​​​​
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan partainya tidak mempertanggung jawabkan kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih 2019-2024 yang dilakukan oleh caleg PDIP Harun Masiku kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Jadi persoalan PAW yang kemudian ada pihak-pihak yang kemudian melakukan negosiasi itu di luar tanggung jawab PDIP," kata Hasto di sela Rakernas I PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020