Peshawar, (ANTARA News) - Ledakan di sebuah masjid menewaskan tiga orang dan melukai beberapa lainnya,  Sabtu, di sebuah daerah di Pakistan baratlaut. Wilayah tersebut dilanda kekerasan antara Muslim Sunni dan Syiah.

Reuters melaporkan serangan itu menghantam sebuah masjid di lingkungan Sunni di Hangu, kota di provinsi North West Frontier yang sebelumnya telah mendapat beberapa kali serangan sektarian.

"Sejauh ini kami telah menarik tiga mayat dari reruntuhan. Dua dari mereka anak-anak," kepala polisi Hangu Sajjad Ahmed mengatakan.

Pada hari Jumat sebuah bom menewaskan sepuluh orang dan melukai 40 lainnya di sebuah pemakaman untuk Muslim Syiah di Dera Ismail Khan. Pemakaman itu untuk seorang pria yang ditembak mati Kamis. Pada pagi hari itu, di pemakaman tersebut, sejumlah pria bersenjata membunuh seorang ulama Syiah.

Kekerasan sektarian di antara kelompok garis keras telah menghantui Dera Ismail Khan, distrik yang berbatasan dengan wilayah suku Waziristan Selatan, yang sangat mendukung Taliban dan al Qaida.

Taliban dan al Qaida adalah Sunni dan beberapa dari kelompok mereka, seperti Lashkar-e-Janghvi, sangat anti-Syiah.

Ribuan orang telah tewas dalam kekerasan sektarian yang dibalas dengan setimpal yang kembali ke 1980-an.

Mayoritas Muslim Pakistan adalah Sunni tapi sekitar 15 persen dari 170 juta orang di negara itu Syiah.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008