Mekah (ANTARA News) - Jemaah calon haji (JCH) asal Lampung terus berdatangan ke Mekah, Arab Saudi dan langsung beradaptasi dengan kondisi di sana dengan diantaranya berziarah atau membayar Dam dengan memotong hewan unta dan kambing.

Ratusan jemaah kloter 31 misalnya, Minggu melakukan ziarah diawali dengan menyaksikan pemotongan hewan unta dan kambing untuk membayar Dam haji tamattu di kawasan Halada, Ka`Kiyah, Mekah.

Setelah menyaksikan pemotongan hewan untuk membayar Dam, jemaah baru datang ini berziarah ke bukit (Jabal) Tsur, kemudian ke Jabal Rahmah.

Setelah itu, mereka berkeliling Arafah, Muzdalifah sampai Mina dan menjelang puncak ibadah haji pada 9 Dzulhijah para calon haji akan menuju ke sana untuk wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan melempar zumroh di Mina.

Seorang jemaah kloter 31 mengaku baru setelah tiga hingga lima hari bisa menemukan tempat-tempat di mana bisa mendapatkan makanan relatif murah dan sesuai selera.

Begitu pula, jemaah perempuan mulai terlihat ceria karena sudah bisa menemukan toko atau warung yang menjual sayuran, untuk dimasak sesuai keinginan.

Sedangkan soal transportasi yang sempat dipermasalahan, sudah mulai lancar setelah pihak berwenang menempel jadwal keberangkatan dan kepulangan bus ke dan dari pemondokan dan Masjidil Haram. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008