Semarang (ANTARA News) - Sebanyak 441 mahasiswa dari 44 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 27 perguruan tinggi swasta (PTS) di 23 provinsi di Indonesia memperoleh beasiswa dari PT Djarum.

"Mereka yang mendapat beasiswa setelah berhasil berkompetisi dengan 3.178 pelamar dan nilai IPK mereka di atas 3 pada akhir semester empat," kata Suwarno M. Serad, Head of Coorporate Affairs PT Djarum, di Semarang, Selasa.

Para penerima beasiswa selama tahun ajaran 2008/2009 juga akan mendapat pelatihan soft skill (ketrampilan lunak).

Ia menambahkan, program Djarum Bakti Pendidikan adalah bentuk komitmen dan semangat kemajuan dari PT Djarum terhadap kualitas pendidikan generasi muda bangsa Indonesia.

"Karena pendidikan merupakan pondasi penting dalam membentuk sumberdaya manusia berprestasi, maka kami telah menyiapkan suatu program untuk membentuk pribadi yang siap dan mampu menjawab tantangan masa depan lokal dan global bagi penerima beasiswa, salah satunya melalui sof skill bersama para pakar yang telah disiapkan oleh PT Djarum," katanya.

Sampai saat ini terdapat 5.886 beswan (beasiswawan) Djarum tersebar dipeolosok nusantara. Para beswan itu, nantinya selama satu tahun akan menerima berbagai ketrampilan lunak seperti kepemimpinan, kewirausahaan, outbound, lomba karya tulis dan berbagai vocational skills, demikian Suwarno.

Sementara itu, Prof. DR. Musliar Kasim selaku Rektor Universitas Andalas Padang mengatakan, beswan Djarum adalah program yang banyak diminati oleh kalangan mahasiswa berbagai PTN/PTS, karena program ini mampu memberikan program yang tepat sasaran dan dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa.

Program yang dibutruhkan adalah beasiswa dan pelatihan soft skill yang memang belum didapatkan oleh mahasiswa secara lengkap dari pihak kampus, katanya.  (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2008