Jakarta (ANTARA News) - Pemain spesialis ganda Liliyana Natsir membukukan dua tempat di perempatfinal turnamen Hong Kong Terbuka Super Series, di Queen Elizabeth Stadium, Kamis, setelah meraih kemenangan pada babak 16 besar ganda putri dan campuran.

Liliyana Natsir yang berpasangan dengan Vita Marissa dan menjadi unggulan keempat, menang atas pasangan Chong Sook Chin/Woon Khe Wei dari Malaysia 21-15, 16-21, 21-13 untuk maju ke babak delapan besar.

Mereka akan memperebutkan satu tempat di semifinal dengan pasangan Korea Ha Jung Eun/Kim Min Jung, setelah ganda putri unggulan tujuh ini menyingkirkan pasangan Imogen Bankier (Skotlandia) dan Sarah Bok Inggris 21-14, 21-17.

Pada nomor ganda campuran bersama Nova Widianto, Liliyana memastikan tempat di perempatfinal setelah bangkit dari ketertinggalan untuk menang atas finalis China Terbuka Xu Chen/Zhao Yunlei 13-21, 21-12, 21-11.

Selanjutnya, pasangan nomor satu dunia itu akan melawan ganda campuran China Zheng Bo/Zhang Yawen yang mengalahkan mereka dalam pertemuan terakhir di China Masters, untuk mendapatkan satu tempat di babak empat besar.

Ganda China yang diunggulkan di urutan ketujuh itu sebelumnya meraih tempat di perempatfinal setelah mengantungi kemenangan atas pasangan tuan rumah Hong Kong Yohan Hadikusumo Wiratama/Chau Hoi Wah 21-15, 21-17.

Juara bertahan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga semakin dekat untuk mempertahankan gelar mereka setelah memenangkan pertandingan melawan pasangan veteran Malaysia Choong Tan Fook/Lee Wah Wah 21-15, 21-17.

Pada perempatfinal, mereka kembali bertemu dengan pasangan Malaysia lainnya Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, yang mereka kalahkan secara beruntun pada Olimpiade Beijing dan Prancis Terbuka Super Series.

Unggulan kelima asal Malaysia yang sebelum Olimpiade selalu menang atas pasangan nomor satu dunia itu, mencapai perempatfinal setelah menundukkan pasangan Inggris Chris Adcock/Robert Blair 18-21, 21-19, 21-16.

Keberhasilan Markis Kido tidak diikuti adiknya Pia Zebadiah yang harus mengakui keunggulan juara bertahan asal China dan peraih perak Olimpiade Beijing Xie Xinfang dua game langsung 21-10, 21-13. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008