New York/Waterloo  (ANTARA News) - Stephen Hawking, 66 tahun, yang dikenal di dunia internasional sebagai fisikawan teoritis, akan menjadi profesor tamu di sebuah universitas Kanada setelah ia mencapai usia pensiun dari Universitas Cambridge di Inggris.
   
Institut Perimeter untuk Fisika Teoritis di Waterloo, Ontario, menyatakan Jumat dalam laman internet miliknya bahwa ilmuwan Inggris itu akan mengajar dengan duduk di kursi roda dan terbang secara reguler ke Waterloo mulai musim panas ini untuk mengajar.
   
Hawking merupakan salah satu pakar terkemuka dunia mengenai lubang hitam di angkasa luar.
   
Namun demikian, pengangkatan ini tak akan mempengaruhi kedudukan Hawking di Cambridge, tempat ia memimpin Pusat Kosmologi Teoritis.
   
"Fokus ganda institut tersebut mengenai teori kuantum dan gravitas, dekat sekali dengan hati saya dan berperan penting dalam menjelaskan asal usul alam semesta, kata profesor Universitas Cambridge itu, sebagaimana dilaporkan DPA dan Reuters.
   
Hawking dikenal di seluruh dunia berkat pengkajiannya mengenai hukum-hukum dasar yang mempengaruhi alam semesta. Ia adalah pengarang buku laris "A Brief History of Time".  (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2008