Presiden Bertemu Forum Silaturahmi Keraton Nusantara

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Forum Silaturahmi Keraton Se-Nusantara di Istana Negara Jakarta, Sabtu malam.

Forum Silaturahmi Keraton Se-Nusantara berdiri pada 2006 dengan anggota 57 keraton. Namun saat ini jumlah keraton yang bergabung dalam forum itu berjumlah 118 keraton.

Raja Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pamecutan IX dari Puri Agung Denpasar menjabat sebagai Ketua Umum Forum Silahturahmi Keraton Se-Nusantara sementara KPH Gunarso G Kusumodiningrat dari Keraton Surakarta menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Dalam sambutannya Raja Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pamecutan mengatakan keraton merupakan salah satu wahana untuk pengembangan budaya nusantara.

Oleh karena itu ia menyatakan pentingnya pengembangan forum silaturahmi keraton untuk pengembangan budaya nasional.

Pada 25 Desember hingga 30 Desember 2008 mendatang, menurut Raja Ida Tjokorda akan diselenggarakan expo budaya keraton yang diikuti 118 anggota.

"Disisi perkembangan saat ini, masih ada masalah yang dihadapi oleh Keraton di daerah antara lain karena masalah sistem politik, produk hukum sehingga ada yang tercabut dari akarnya, namun kami mengharapkan pemerintah terus membantu pengembangan budaya keraton," katanya.

Presiden hadir didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menko Kesra Aburizal Bakrie dan sejumlah pejabat lainnya. Selain itu hadir raja-raja dari Riau, Kepri, Sumsel, Sumbar, Lampung, Jatim Madura, Bali, NTB, NTT, Kalbar, Kaltim, Sulsel, Sulteng, Sumbar, Maluku dan Papua Barat.(*)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2008

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar