Pemprov Jateng siap optimalkan pengelolaan migas

Pemprov Jateng siap optimalkan pengelolaan migas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA/Dokumentasi Humas Pemprov Jateng

Dengan adanya perda ini, kita punya ruang untuk 'berlari'
Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mengoptimalkan pengelolaan minyak bumi dan gas pascapersetujuan pendirian PT Jateng Petro Energi, sebagai perusahaan induk pengelolaan energi dan mineral, oleh DPRD Jateng.

"Dengan adanya perda ini, kita punya ruang untuk 'berlari'. Tentu dampaknya pada peningkatan PAD (pendapatan asli daerah) karena semuanya dikelola dengan baik," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jateng, Senin.

Baca juga: Pemprov Jateng segera bentuk BUMD migas

Menurut Ganjar, selain eksplorasi dan eksploitasi migas, keberadaan perda baru ini juga membuka peluang bagi Pemprov Jateng mengembangkan energi baru dan terbarukan.

"Selama ini sudah ada SPHC, tapi itu hanya untuk Blok Cepu. Selain itu ada SPJT yang anak perusahaannya juga mengelola minyak, maka hari ini, dengan adanya PT Jateng Petro Energi, pengelolaan minyak yang selama ini tersebar, bisa disatukan," ujarnya.

Dengan disatukannya semua BUMD yang mengelola migas dan tambahan pengelolaan lain seperti energi dan mineral, kata dia, maka Jateng Petro Energi sebagai induk perusahaan dapat lebih efektif.

"Unit usaha yang ada di bawahnya bisa dikembangkan, strukturnya bisa dikasih namanya bisnis development, sehingga kita bisa mengembangkan lebih banyak lagi termasuk energi terbarukan," katanya.

Dalam sidang paripurna yang digelar pada Senin ini, DPRD Jateng menyetujui rancangan peraturan daerah pembentukan perusahaan daerah pengelola migas di Jateng.

Setelah mendengar pandangan fraksi dan laporan panitia khusus (pansus), raperda tersebut telah disetujui dan menjadi peraturan daerah.

Baca juga: GDE gandeng Kejati Jateng untuk percepat proyek pengembangan WKP
Baca juga: Kerja sama Jateng-Denmark bidang energi mulai direalisasikan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Jateng kirim 41.250 masker untuk WNI di Hongkong, Taiwan dan Singapura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar