Teheran, (ANTARA News) - Ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengemukakan dirinya sedang mempertimbangkan untuk berbicara dengan para anggota Kongres Amerika Serikat (AS). Hal itu dikemukakan di tengah harapan membaiknya hubungan antara Iran dengan pemerintahan AS pada era kepemimpinan Barack Obama.

"Beberapa surat kami terima dari anggota-anggota Kongres dan Senator. Kami kira sekarang saatnya mengadakan perundingan bilateral," kata Larijani di koran terbitan Iran, Kargozaran sebagaimana dilaporkan AFP.

"Kami belum memberi tanggapan negatif mengenai masalah ini. Hal tersebut sedang didalami," katanya tanpa menyebutkan tanggal atau Senator dan anggota Kongres yang berkirim surat.

Politikus Iran menyuarakan harapan bahwa AS di bawah kepemimpinan Obama akan melakukan perubahan kebijakan terhadap Iran. Presiden Mahmoud Ahmadinejad pun segera memberi selamat ketika Obama memenangi pemilihan.

Dua negara itu putus hubungan diplomatik sejak tahun 1979 ketika Revolusi Islam menggulingkan pemerintahan Shah dan para mahasiswa Iran menyandera 444 warga AS.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008