Jakarta,  (ANTARA News) - Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono menilai, netralitas TNI telah berjalan baik.

"Selama empat tahun terakhir saya menilai, netralitas TNI telah berjalan baik bahkan dibandingkan negara-negara tetangga kita," katanya, usai memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Dephan 2009 di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, TNI telah mampu menjaga netralitasnya, menjaga jarak dan tarik menarik kepentingan politik manapun," katanya, didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso.

Menhan menegaskan, relatif kecilnya anggaran pertahanan yang juga berdampak pada kesejahteraan prajurit tidak akan berpengaruh terhadap netralitas TNI khususnya dalam Pemilu 2009.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Djoko Santoso menegaskan, TNI dengan keluarga besar TNI serta purnawirawan tidak memiliki hubungan organisatoris dengan partai atau pihak manapun sehingga tidak memiliki kompentensi guna mengarahkan keluarga TNI dalam berpolitik.

"TNI tidak memiliki kompetensi untuk mengarahkan dan mempengaruhi pilihan politik keluarga anggota TNI. Ini kan negara demokrasi, siapa pun punya hak politik termasuk keluarga anggota TNI, silakan saja," katanya.

Mabes TNI telah menerbitkan buku saku netralitas TNI pada 2008 yang diberikan pada seluruh prajurit TNI khususnya dalam menghadapi Pemilu 2009.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009