Veteran dari Yahoo! akan mengawasi penawaran Internet bagi konsumen, pengiklan dan penerbit
   
     REDMOND, Wash., 5 Desember (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Microsoft Corp. hari ini mengumumkan bahwa Dr. Qi Lu akan bergabung dengan perusahaan ini sebagai presiden Kelompok Jasa Online. Dr. Lu akan memimpin upaya Microsoft dalam pencarian dan periklanan online serta seluruh jasa informasi dan komunikasi online perusahaan. Dr. Lu akan bertanggungjawab kepada Kepala Eksekutif Microsoft, Steve Ballmer.

     (Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20000822/MSFTLOGO)
   
     Baru-baru ini, Lu menjabat sebagai wakil presiden eksekutif bidang Perekayasaan Kelompok Teknologi Pencarian dan Periklanan di Yahoo!, di mana ia bertanggungjawab atas berbagai upaya pengembangan seputar platform pencarian dan monetisasi Web Yahoo!. Dr. Lu keluar dari Yahoo! pada Agustus 2008 setelah bertugas selama 10 tahun.

     "Saya sangat gembira menyambut baik masuknya Qi ke Microsoft," kata Ballmer. " Keahlian teknis mendalam, kemampuan memimpin dan sifat suka bekerja keras Dr. Lu sudah dikenal baik dalam industri teknologi, dan Microsoft akan diuntungkan dari masuknya ia ke tim manajemen eksekutif kami."
   
     "Saya benar-benar gembira atas peluang bagi Microsoft untuk memberi dampak besar pada industri online," ujar Dr. Lu. "Microsoft telah membangun pondasi besar bagi teknologi pencarian dan periklanannya serta menempatkan tim peneliti dan insinyur hebat yang mendorong arus inovasi selanjutnya dalam jasa online. Saya ingin bekerjasama dengan mereka untuk ikut mengubah cara orang dan perusahaan menggunakan Internet untuk menemukan dan berbagi informasi."
   
     Sebelum menduduki jabatan terakhir di Yahoo!, Lu adalah wakil presiden bidang perekayasaan yang bertanggungjawab atas pengembangan teknologi unit usaha Pencarian dan Pasar Yahoo!, yang mencakup pencarian, perniagaan elektronik serta daftar lokal bisnis dan produk perusahaan tersebut.

     Sebelum bergabung dengan Yahoo! pada 1998, Dr. Lu adalah Anggota Staf Penelitian di Pusat Riset Almaden IBM. Sebelum di IBM, Dr. Lu bekerja di Universitas Carnegie Mellon sebagai Staf Luar Biasa bidang Penelitian, dan di Universitas Fudan di China sebagai staf pengajar. Dr. Lu memegang 20 paten di AS, serta meraih gelar sarjana muda sains dan sarjana sains komputer dari Universitas Fudan dan gelar Ph.D. dalam sains komputer dari Universitas Carnegie Mellon.

     Lu akan bekerja di Microsoft terhitung mulai tanggal 5 Januari 2009. Dalam jabatannya mengelola Kelompok Jasa Online, ia akan mengawasi beberapa kelompok termasuk bisnis Solusi Pengiklan dan Penerbit, yang ditangani oleh Scott Howe yang dipromosikan ke wakil presiden korporat; bisnis Pemirsa Online, yang ditangani oleh Wakil Presiden Senior Yusuf Mehdi; Penelitian dan Pengembangan OSG, yang dikelola oleh Wakil Presiden Senior Satya Nadella; dan Keuangan OSG, yang dikelola oleh Rik van der Kooi yang dipromosikan ke wakil presiden korporat.

     Dengan penggabungan aQuantive yang kini telah rampung, Brian McAndrews, mantan CEO aQuantive sekaligus wakil presiden senior Kelompok Solusi Pengiklan dan Penerbit Microsoft, telah memutuskan untuk keluar dari Microsoft, dan akan melakukannya dalam beberapa bulan mendatang, dengan menjabat sebagai konsultan untuk Steve Ballmer dan Qi Lu pada saat itu.

     "Brian McAndrews membangun bisnis berkelas dunia bagi pengiklan dan penerbit serta memimpin penggabungan aQuantive ke dalam Microsoft, dengan menetapkan pondasi bagi tahap pertumbuhan kami selanjutnya," kata Ballmer. "Sementara saya menyesal melihat Brian meninggalkan perusahaan ini, saya menghormati dan memahami keputusannya dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan."
   
     "Saya juga ingin menyelamati Scott dan Rik atas promosi yang layak mereka dapatkan dan mengharapkan mereka memimpin Kelompok Jasa Online bersama dengan Qi, Yusuf dan Satya," ujar Ballmer.

     Sebagai bagian dari pengumuman hari ini, beberapa tim akan menyesuaikan lebih lanjut sumber-sumber daya. Organisasi penjualan di lapangan dalam Kelompok Jasa Online akan beralih ke Kelompok Penjualan, Pemasaran dan Jasa terpusat Microsoft yang dipimpin oleh kepala operasi Kevin Turner. Kelompok ini, yang bernama Konsumen dan Online, akan dipimpin oleh Wakil Presiden Korporat Darren Huston dan akan mencakup organisasi Penjualan dan Jasa Periklanan Global, yang dipimpin oleh wakil presiden Bill Shaughnessy.

     Microsoft (Nasdaq: MSFT), yang didirikan pada 1975, adalah perusahaan terkemuka seluruh dunia dalam piranti lunak, jasa dan solusi yang membantu orang dan perusahaan mewujudkan potensi sepenuhnya.

     SUMBER: Microsoft Corp.

     UNTUK PERHATIAN REDAKTUR: Jika Anda ingin mengetahui keterangan tambahan mengenai Microsoft, silakan kunjungi laman Web Microsoft di http://www.microsoft.com/presspass di laman informasi korporat Microsoft. Web link, nomor telepon dan gelar adalah benar pada saat penerbitan, namun dapat berubah sejak itu. Untuk bantuan tambahan, wartawan dan analis dapat menghubungi Tim Reaksi Cepat Microsoft atau kontak lain yang benar di http://www.microsoft.com/presspass/contactpr.mspx./
   
     KONTAK: Tim Reaksi Cepat Waggener Edstrom Worldwide
                    +1-503-443-7070
                    rrt@waggeneredstrom.com/
   
     Foto: NewsCom: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20000822/MSFTLOGO /
             (MSFT)


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2008