Bojonegoro (ANTARA News) - Perayaan hari raya Idul Adha di komunitas masyarakat Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Jawa Timur, tanpa menyembelih ternak kurban.

"Iduladha tahun ini kami tidak menyembelih ternak kurban, kalau Idul Adha tahun lalu ada masyarakat yang berkurban tiga ekorkambing , " kata tokoh pemuda komunitas masyarakat Samin di Dusun Jepang, Moch.Miran (45), kepada ANTARA News, Minggu.

Menurut dia, di tahun-tahun sebelumnya selalu ada masyarakat setempat yang berkurban yang selanjutnya disembelih dan dibagikan secara merata kepada seluruh warga Dusun Jepang yang jumlahnya sekitar 274 KK.

"Setiap tahun selalu saya yang menyembelih kambingnya, " katanya.

Moch. Miran tidak tahu pasti penyebab masyarakat setempat tidak ada yang berkurban ternak. Hanya diperkirakan tidak adanya masyarakat yang berkurban ternak, karena faktor kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat setempat.

Dia menjelaskan, meski tidak ada masyarakat yang berkurban ternak pelaksanaan salat Iduladha tetap digelar di Masjid Al Huda di desa setempat. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008