Jakarta (ANTARA) - Serial drama Korea "Crash Landing on You" yang tayang di tvN telah dituduh melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional (NSA) karena memuliakan Korea Utara.

Pada 22 Januari, Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengungkapkan bahwa mereka sedang meninjau sebuah tuduhan yang dibuat oleh Partai Liberal Kristen terhadap tvN pada 9 Januari.

"Crash Landing on You" menceritakan kisah pengusaha kaya bernama Yoon Se Ri (diperankan oleh Son Ye Jin) yang terjebak di Korea Utara setelah insiden paralayang.

Dia ditemukan oleh tentara Korea Utara Ri Jung Hyuk (diperankan oleh Hyun Bin), yang jatuh cinta padanya dan membantunya untuk bersembunyi.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 10 Januari, Partai Liberal Kristen menjelaskan, "Korea Utara tidak pernah sekalipun menurunkan senjata yang telah diarahkan kepada kami. Sebagai hasil dari presiden dan perusahaan penyiaran yang tidak dapat membedakan musuh, warga negara kami telah dihasut," tulis sebuah pernyataan Partai Liberal Kristen dikutip Soompi, Jumat.

Mereka melanjutkan, "Mengikuti Undang-Undang Keamanan Nasional, seseorang tidak boleh memuji atau mengikuti organisasi anti-nasional yang membahayakan keberadaan Korea Selatan. Kami berharap para penghasut diselidiki secepatnya dan dihukum dengan keras."

Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Keamanan Nasional menyatakan, "Dengan sengaja mengkompromikan keberadaan bangsa, keamanan, atau tatanan dasar demokrasi liberal dan memuji, mendukung, mengiklankan, mengikuti organisasi anti-nasional dengan menerima pesanan atau sebagai anggota yang berpartisipasi, atau iklan, menghasut urusan nasional akan dikenakan maksimal tujuh tahun kerja paksa."

Seorang perwakilan polisi menyatakan, "Kami belum secara resmi memulai investigasi dan masih mengkaji masalah ini."

"Preseden yudisial untuk menghukum drama yang mengandung konten palsu sebagai pelanggaran NSA jarang terjadi," lanjutnya.

"Crash Landing On You" tvN mengalami perubahan waktu tayang karena Tahun Baru Imlek.

Baca juga: Hyun Bin - Son Ye jin bantah rumor pacaran

Baca juga: Hyun Bin dan Kang So-ra putus

Baca juga: Hyun Bin duta pertahanan Korsel untuk RI


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020