Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah temui Wapres

Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah temui Wapres

Ketua Dewan Pembina Forum SATHU Fuad Hasan Masyhur (tengah) bersama Jubir Wapres Masduki Baidlowi (kanan) di Jakarta, Senin (27/1/2020). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

Jakarta (ANTARA) - Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) menemui Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin.

Ketua Dewan Pembina Forum SATHU, Fuad Hasan Masyhur, menyampaikan dalam kunjungan itu pihaknya mengucapkan selamat atas keterpilihan Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden serta melaporkan sejumlah hal terkait penyelenggaraan haji dan umrah.

"Kami mengucapkan selamat kepada beliau, karena selama ini kami tahu kesibukan beliau dan ini momentum tepat kami bersilaturahmi. Sekaligus kami memberitahukan persiapan kami untuk penyelenggaraan umrah dan haji 2020," kata Masyhur, di Jakarta, Senin.

Ia bilang, mereka juga melaporkan kepada Amin tentang gerakan moral yang tengah dilakukan Forum SATHU untuk membantu para jemaah umrah yang menjadi korban First Travel.

Gerakan yang bernama Save Their Umrah itu bertujuan memberangkatkan para korban First Travel untuk melaksanakan ibadah umrah.

Ia menjelaskan gerakan itu ditujukan bagi korban First Travel yang masuk kategori golongan tidak mampu. "Kriterianya mulai dari usia yang sudah uzur, kehidupan sosialnya benar-bemar dalam tingkat ekonomi berat," kata dia.

Ia mengatakan karena dana gerakan tersebut murni kolektif asosiasi travel yang tergabung dalam Forum SATHU, maka dana bantuan sangat terbatas dan sementara hanya ditujukan bagi korban First Travel di wilayah Jabodetabek.

"Saat ini kami siapkan untuk 1.000 jemaah. Pemberangkatan pertama sudah dilakukan tanggal 1 Januari 2020, pemberangkatan kedua tanggal 30 Januari nanti. Insya Allah kami berangkatkan mereka yang benar-bemar tidak mampu, kami tidak mungkin memberangkatkan semua karena keterbatasan," kata dia.

Gerakan itu juga hanya diperuntukkan bagi korban First Travel, karena kasusnya sudah memiliki keputusan hukum pengadilan.

Ia mengatakan, Amin menyatakan kegembiraannya serta akan mendukung gerakan itu. "Dengan kehadiran kami di sini, minimal dukungan moral dari beliau saja sudah luar biasa," ujar dia.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tinjau rumah tahan gempa Lombok, Wapres berharap korban terdampak semangat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar