Erick Thohir: Insya Allah holding rumah sakit anak BUMN rampung Juni

Erick Thohir: Insya Allah holding rumah sakit anak BUMN rampung Juni

Menteri BUMN Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aa.

...Ada kesempatan kami punya mitra strategis dari Jepang, di mana negara tersebut butuh 350 ribu suster.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir berharap holding rumah sakit anak usaha BUMN rampung pada Juni 2020.

"Dengan kami holdingkan rumah sakit Insya Allah Juni ini jadi. Ada kesempatan kami punya mitra strategis dari Jepang, di mana negara tersebut butuh 350 ribu suster," kata Erick di Jakarta, Selasa.

Erick mengatakan bahwa pihaknya melakukan holding rumah sakit karena BUMN-BUMN yang fokus ke bisnis intinya juga membangun  rumah sakit sehingga rumah sakit tersebut tidak memberikan pelayanan yang baik.

"Karena kami bermitra dengan Jepang, harus dong di bawah holding rumah sakit itu ada sekolah untuk suster atau nilai tambah bagi pelayanan kesehatan," katanya.

Baca juga: Rencana holding rumah sakit dan hotel BUMN ciptakan nilai lebih baik

Menurut Erick, para suster ini dilatih bahasa dan budaya Jepang supaya ketika bermitra, akses bagi 350 ribu suster bisa juga untuk Indonesia.

"Pembangunan lapangan kerja ke depan tidak hanya di indonesia, tapi kita juga harus buka outsource untuk negara lain," kata Menteri BUMN tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara kuliah umum yang digelar di Grand Studio Metro TV Jakarta.

Dalam acara tersebut Erick menyampaikan lima prioritas Kementerian BUMN dalam lima tahun ke depan, kemudian pemetaan atau mapping BUMN bisnis dan publik servis , sinergi dan ekosistem bisnis sehat antara BUMN sampai swasta, hingga kerja sama strategis internasional dengan BUMN yang membawa nilai tambah atau value added.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan menggabungkan seluruh rumah sakit anak usaha BUMN menjadi sebuah holding dalam rangka meningkatkan pelayanan rumah sakit BUMN menjadi terkemuka dan dipercaya publik.

Baca juga: Erick Thohir akan gabungkan semua rumah sakit BUMN jadi satu holding

Erick mengatakan rencana pembentukan holding rumah sakit ini akan menjadi konsolidasi yang baik dan bisnis yang dapat progresif serta bersaing.

Menurut Menteri BUMN tersebut, rumah sakit-rumah sakit yang tergabung dalam holding tersebut akan ditingkatkan pelayanan dan keahlian SDM-nya.

Industri kesehatan di Indonesia, lanjut dia, belum dipercaya sehingga harus ditingkatkan kualitasnya. Rumah sakit BUMN bisa ditingkatkan menjadi rumah sakit yang bisa dipercaya dan terkemuka.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Erick Thohir pastikan ketersediaan obat terapi COVID-19 hingga September

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar