Bogor (ANTARA News) - Berbarengan dengan acara penanaman bibit pohon di daerah aliran sungai (DAS) di Kota Bogor, Menteri Kehutanan MS Kaban menilai penghijauan di Bogor akan membuat Jakarta aman dari banjir.

"Banjir di Jakarta bukan kiriman orang Bogor, tapi akibat orang Jakarta yang membangun vila di hulu sungai di Puncak," kata Kaban di Bogor dalam acara tanam 15 ribu bibit hijau di berbagai lokasi di Bogor yang dihadari sekitar 150 kelompok masyarakat.

Aksi 150 kelompok masyarakat yang menanam 15.000 bibit pohon merupakan wujud kesadaran masyarakat Bogor untuk menanam dan menjaga kelestarian lingkungannya, jelas MS Kaban.

Penanaman terus menerus bibit pohon di daerah aliran sungai (DAS) dan lahan kritis di Bogor dan sekitarnya diharapkan bisa mengurangi bencana banjir, terutama di Jakarta.

"Gerakan menanam di DAS dan lahan kritis di Bogor,bisa merindangkan kembali Bogor sekaligus menyelamatkan Jakarta dari banjir," tandas Ketua "Bogor Go Green Against Global Climate Change and Save Our Jakarta" Adjat Sudradjat.

Penamanan bibit pohon ini digagas oleh Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan (HA Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bogor dan didukung 150 kelompok masyarakat, termasuk para pelajar. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008