Menkes: Tidak semua yang datang dari Tiongkok membawa virus corona

Menkes: Tidak semua yang datang dari Tiongkok membawa virus corona

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto berada di acara peringatan Hari Gizi Nasional di Kemenkes, Jakarta, Selasa (28/1/2020). ANTARA/Katriana

enggak perlu takut karena kita punya imunitas baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan tidak semua wisatawan yang datang dari Tiongkok ke Indonesia membawa virus corona.

"Tidak semua yang datang itu pasti suatu penyakit," kata Menkes di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan hal itu menanggapi pertanyaan terkait kedatangan 150 wisatawan asal Kunming, Tiongkok, yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Minggu (26/1).

Baca juga: TKI dari Hong Kong dirawat intensif di RSUD Sidoarjo antisipasi corona
Baca juga: Posko bersama pencegahan virus corona didirikan di Tarakan dan Nunukan


Menurut Komisi Kesehatan Nasional, hingga Selasa jumlah total korban meninggal akibat virus corona mencapai 106 dari 81 korban di hari sebelumnya. Jumlah total kasus terkonfirmasi di China juga bertambah menjadi 4.515 hingga Senin, dari 2.853 sehari sebelumnya,

Virus corona yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok, memang telah menjangkiti beberapa daerah lain di negara tersebut.

Namun, Menkes Terawan mengatakan tidak semua wisatawan yang datang dari negara itu terpapar virus corona.

Untuk memastikan pengamanan terkait kedatangan para wisatawan tersebut, Kemenkes, katanya, telah mengirim dua staf untuk mengecek dan memastikan kedatangan para wisatawan itu tidak berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

Baca juga: Dinkes: Belum ada pasien terinfeksi virus corona di DIY
Baca juga: KBRI Singapura pastikan tidak ada WNI terjangkit Virus Corona


Kemenkes juga terus melakukan pemeriksaan dan mendukung bagaimana pintu-pintu gerbang masuk ke Indonesia benar-benar dijaga dengan baik.

Oleh karena itu, ia mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak khawatir terpapar virus menyusul kedatangan para wisatawan tersebut.

Sebagai upaya antisipasi, Menkes terus mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah potensi penularan penyakit apapun.

"Enggak perlu takut karena kita punya imunitas baik," katanya.

Baca juga: Gubernur Bali: Virus corona turunkan kunjungan 3.000 turis TiongkokBaca juga: DIY siagakan dua rumah sakit rujukan tangani pasien terjangkit nCov
 

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta kriteria daerah yang bisa terapkan PSBB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar