Pekanbaru  (ANTARA News) - Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengharapkan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dapat membantu pemerintah dalam menghadapi krisis ekonomi global melalui pemberitaan berimbang dan bersifat membangun.

Hal itu disampaikan Gubernur Rusli Zainal saat audiensi dengan karyawan LKBN ANTARA Biro Riau di ruang kerjanya Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Senin dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) LKBN ANTARA ke-71.

Gubernur menjelaskan, krisis ekonomi global juga berpengaruh terhadap Provinsi Riau dimana banyak perusahaan swasta yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Dalam kondisi tersebut Gubernur Riau berharap media dapat memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah menghadapi krisis ekonomi global melalui pemberitaan yang kondusif dan berimbang, serta bersifat membangun dengan menyebarkan informasi mengenai potensi yang ada di daerah agar dapat bermanfaat dalam mendatangkan investasi.

"LKBN ANTARA sebagai lembaga negara yang bergerak di bidang informasi diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih dalam membantu kami menghadapi krisis, ditambah lagi ANTARA merupakan sumber informasi bagi media lokal, nasional, maupun internasional," katanya.

Ia juga berharap pada usia ke-71 kelembagaan ANTARA dapat lebih solid dari sebelumnya dan eksistensinya lebih meningkat lagi dibanding sebelumnya.

Sementara itu, Biro Riau telah mempersiapkan serangkaian acara yang akan digelar dalam rangka merayakan HUT LKBN ANTARA ke-71 di antaranya Workshop Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar serta Rapat Kerja Biro ANTARA se-Sumatera yang juga akan dihadiri Dewan Direksi ANTARA pusat.

Kepala Biro ANTARA Riau Evy Ratnawati mengatakan, serangkaian acara yang akan digelar dalam rangka menyambut HUT ANTARA tersebut merupakan bentuk kontribusi Biro Riau dalam menjaga eksistensi ANTARA serta menjalin kerjasama yang kuat di kalangan Biro se-Sumatera.

Acara Workshop Bahasa Indonesia akan diikuti redaktur dari seluruh media lokal yang ada di Riau sementara Raker Biro se-Sumatera menghadirkan Gubernur Rusli Zainal. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2008