Jayapura (ANTARA) - Perpustakaan keliling milik Yonif MS 411/PDW yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Perbatasan RI dan Papua Nugini, Rabu (29/1), mendatangi SD YPK Kuler di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke.

Komandan Kompi Lettu Inf. Aprianto Trianggoro Putro mengharapkan kehadiran perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca bagi anak-anak di SD YPK Kuler.

“Kami sengaja datangkan perpustakaan keliling dari Pos Kout untuk membangun minat baca serta memperluas pengetahuan dan wawasan para pelajar,” kata Aprianto.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program teritorial bagi anak di perbatasan.

Baca juga: TNI datangi rumah warga perbatasan berikan layanan kesehatan

Baca juga: Warga perbatasan RI-TL mendapat bantuan paket sembako Satgas Pamtas

Baca juga: Kunjungan Presiden momen sampaikan kebutuhan infrastruktur perbatasan


Selain membangun minat baca, kegiatan tersebut juga dilakukan nonton bareng dengan tema perjuangan serta memberikan makanan tambahan, seperti bubur kacang hijau.

Kepala Sekolah SD YPK Kuler Deniana Makailipessi menyampaikan terima kasih karena sudah membawa truk yang dimodifikasi sebagai perpustakaan keliling ke sekolahnya.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan tersebut sehingga para pelajar makin suka membaca,” kata Deniana.

Perpustakaan keliling yang disulap dari truk jenis NPS itu membawa ratusan judul buku serta dilengkapi satu unit televisi yang dapat digunakan untuk nonton bersama.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020