Vancouver, (ANTARA News) - Sebanyak lima orang cedera ketika sebagian menara gondola ambruk pada Selasa di Blackcomb Mountain di Whistler, suatu rempat pealncongan ski Kanada yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan ski Alpen pada Olimpiade Musim Dingin 2010.

Dua orang segera dibawa dengan mobil ambulans ke pusat kesehatan darurat tempat pelancongan itu dan mereka "dalam kondisi stabil", sementara tiga orang lagi mengalami luka ringan, ujar Anna Marie D'Angelo, jurubicara petugas kesehatan yang berwenang, demikian diwartakan Reuters.

Sejumlah 53 orang terperangkap dalam insiden tersebut di lift ski Excaliber, demikian menurut keterangan siaran pers dari perusahaan Whistler-Blackcomb.

Hingga malam tiba para petugas patroli pegunungan tempat ski itu dan petugas pemadam kebakaran, polisi serta petugas ambulans terus bekerja keras untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap itu dengan menggunakan tali, tangga dan juga mobil-mobil pemadam kebakaran.

Suhu di daerah itu, yang terletak tepat di atas desa Whistler, adalah minus 9 derajat Celsius (16 derajat Farenheit). Whistler terletak kira-kira 120 kilometer di sebelah utara Vancouver.

Gondola tersebut dibangun tahun 1994 dan sudah melewati "suatu pemeriksaan keamanan yang menyeluruh" oleh pihak berwenang provinsi British Columbia dalam jangka enam bulan terakhir, demikian Whistler-Blackcomb.

Insiden tersebut terjadi hanya empat hari setelah perusahan itu membuka gondola dari-puncak-ke puncak barunya yang menghubungi puncak-puncak pegunungan di Whistler dan Blackcomb.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2008