Bukares  (ANTARA News) - Tokoh liberal demokrat Romania, Roberta Anastase, Jumat malam dipilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat negara tersebut.

Anggota parlemen Romania, Jumat, melakukan pemungutan suara untuk memilih Ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Tiga calon telah diajukan oleh berbagai kelompok parlemen untuk posisi.

Dari 313 suara yang sah, Roberta Anastase meraih 218 suara, sementara tokoh dari kubu liberal Ludovic Orban memperoleh 69 dukungan dan anggota partai minoritas Magyar Laszlo Borbely mendapat 26 suara dukungan.  

Roberta Anastase, kelahiran 1976, adalah anggota organisasi pemuda Partai Demokrat dalam usia 15 tahun. Ia menjadi sangat terkenal ketika ia meraih gelar Miss Romania pada 1994.

Anastase, lulusan Fakultas Sosiologi di University of Bucharest, memperdalam ilmu di Fakultas Ilmu Politik di universitas yang sama.

Ia menjadi wakil presiden Dewan Pemuda Romania sejak 2001, sekretaris pelaksana kantor permanen nasional Partai Demokrat sejak 2003 dan presiden organisasi Partai Demokrat Prahova sejak 2006. Ia dipilih sebagai anggota Parlemen Eropa pada 2007.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008