Kabul, (ANTARA News) - AS merencanakan untuk mengirim antara 20.000 dan 30.000 tentara tambahan ke Afghanistan pada musim panas 2009, pemimpin kepala staf gabungan AS, Mike Mullen, mengatakan di Kabul, Sabtu.

Jenderal David McKiernan, komandan AS di Afghanistan, telah minta lebih dari 20.000 tentara tambahan AS untuk menghadapi peningkatan dalam kekerasan gerilyawan, termasuk empat brigade tempur, satu brigade penerbangan dan pasukan dukungan.

"Tentara yang kami minta dalam pembicaraan bersama dengan Jenderal McKiernan adalah yang kami akan butuhkan. Jadi saya tidak melihat penambahan lebih besar daripada 20 ribu hingga 30 ribu," Mullen mengatakan pada wartawan.

Mullen mengatakan, ia mengharapkan tentara tambahan itu dapat dikerahkan pada pertengahan-2009.

Penambahan itu akan hampir dua kali kehadiran militer AS di Afghanistan, menambahnya dari 31 ribu menjadi 50 ribu lebih.

Pada hari Jumat, seorang pejabat militer AS mengatakan Menteri Pertahanan Robert Gates telah memerintahkan pengerahan satu brigade udara dengan 2.800 tentara ke Afghanistan tahun depan.

"Ini awal dari peningkatan yang ia(McKiernan) minta," kata pejabat itu.

Brigade udara, yang terdiri dari campuran helikopter serang dan angkut, akan dikerahkan ke Afghanistan setelah Januari dari AS, katanya.

Namun dalam wawancara yang disiarkan Rabu, Gates mengindikasikan akan ada batas bagi penambahan militer AS karena kekhawatiran bahwa kehadiran yang lebih besar, risikonya lebih besar rakyat Afghanistan akan berbalik melawan mereka sebagai pasukan pendudukan.

"Saya pikir bahwa kita dapat memenuhi persyaratan komando di Afghanistan, komandan kita, Jenderal McK, bagi empat brigade tim tempur dan satu tim tempur penerbangan, tanpa merobohkan keseimbangan itu," katanya.

"Namun...setelah pasukan itu tersedia, saya kira kita akan berpikir lama dan keras sebelum kita menyumbang tentara yang makin signifikan di Afghanistan," ia mengatakan dalam wawancara denan televisi PBB.(*)
 


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008