Kuala Lumpur, (ANTARA  News) - Malaysia akan mengumumkan beberapa langkah pada Februari untuk memperkuat perekonomian seiring turunnya penjualan teknologi dan melonjaknya  PHK yang meningkatkan kekhawatiran terjadinya resesi pada tahun 2009.

Situs web berita Malaysian insider, Senin, Malaysia akan menempuh serangkaian langkah tahun depan dan siap untuk mengumumkan paket stimulus lain senilai miliaran ringgit jika diperlukan, tulis Malaysian Insider tanpa mengutip nara sumber.

Pembantu menteri keuangan Najib Razak mengatakan dia tidak tahu jika ada rencana paket ekonomi.

Pemerintah mengumumkan paket senilai 7 miliar ringgit (2,02 miliar dolar AS) untuk menstabilkan perekonomian.

Data pemerintah menunjukkan bahwa telah 30.000 warga Malaysia kehilangan pekerjaan dan kementerian sumber daya manusia -- yang memperkirakan lonjakan pengangguran di kuartal pertama 2009 -- meminta kabinet menyediakan 100 juta ringgit untuk latihan kerja bagi para pekerja, kata laporan itu.

Pejabat pemerintah telah diminta untuk mengajukan inisiatif untuk membantu kelas menengah yang mungkin kehilangan pekerjaan pada tahun depan dan menciptakan 120.000 pekerjaan untuk lulusan baru.

Turunnya permintaan untuk ekspor produk teknologi telah menghantam perekonomian negara ini.

Western Digital, produsen disk drive komputer terbesar kedua dunia  telah menghentikan operasinya di negara bagian Serawak Malaysia dan memberhentikan 1.500 pekerjanya.

Malaysia memperkirakan ekonominya tumbuh 3,5 persen pada 2009, terendah selama delapan tahun.

"Sebagian besar tergantung pada separah apa mitra dagang kami terpuruk dan tingkat kepercayaan di dalam negeri," menurut laporan itu, mengutip pejabat pemerinah yang enggan disebut namanya. (*)
    
        

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008