Manado (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan perkembangan pembangunan Provinsi Sulawesi Utara dapat menjadi modal Provinsi itu menjadi salah satu pintu gerbang Indonesia untuk kawasan Asia Timur.

Berbicara saat menghadiri acara peringatan Natal di kompleks Guest House Gubernur Sulawesi Utara Bumi Beringin Manado, Kamis malam, Kepala Negara menyatakan seluruh unsur masyarakat di Sulawesi Utara harus dapat memanfaatkan posisi penting tersebut.

"Manado harus bisa menjadi pintu gerbang Indonesia untuk kawasan Asia Timur," kata Presiden yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Presiden mengharapkan dengan catatan positif perkembangan ekonomi dan pembangunan di provinsi itu, niat untuk menjadi salah pintu gerbang utama Indonesia dapat terwujud.

"Saya terus mengamati perkembangan daerah-daerah dan mencatat perkembangan ekonomi, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran Sulawesi Utara baik," kata Yudhoyono.

Gubernur Sulut SH Sarundajang dalam sambutannya mengatakan pertumbuhan ekonomi triwulan terakhir 2008 mencapai 7,89 persen dan angka pengangguran turun dari 15 persen menjadi 12,3 persen.

"Sementara angka kemiskinan menurun menjadi 10,2 persen dari 12,54 persen," kata Sarundajang.

Pada akhir sambutannya Presiden mengajak seluruh potensi masyarakat dan pemerintah Sulut untuk mensukseskan kegiatan konferensi kelautan internasional dan pertemuan yang membicarakan penyelamatan koral di kawasan segitiga Indonesia, Timor Leste, Filipina dan Papua Nugini.

Kepala Negara juga mengharapkan acara itu bisa mendorong sektor pariwisata dan ekonomi Sulut secara keseluruhan. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2008