Kemarin, rupiah kembali menguat hingga mengenang kembali JB Sumarlin

Kemarin, rupiah kembali menguat hingga mengenang kembali JB Sumarlin

FOTO ARSIP. Menteri Keuangan J.B. Sumarlin memberikan keterangannya dalam rapat kerja bersama komisi APBN DPR sehubungan dengan penyusunan RAPBN tahun anggaran 1991-92 di Jakarta, Senin (8/10/1990). Foto ANTARA/ARSIP/PF06/ss/pd/93/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (5/2) kemarin, mulai dari rupiah yang kembali menguat hingga mengenang kembali sosok JB Sumarlin.


1. Rupiah Kamis sore menguat 55 poin, ditopang gagalnya pemakzulan Trump

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore ditutup menguat setelah pemakzulan Presiden AS Donald Trump gagal.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis, mengatakan dengan kemenangan Presiden Donald Trump dalam upaya pemakzulan yang dilakukan oleh Partai Demokrat, praktis ketidakpastian yang dihadapi oleh pelaku pasar menjadi berkurang.

Baca selengkapnya di sini


2. Pemerintah jamin stok bawang putih aman, tak terpengaruh Virus Corona

Pemerintah menjamin persediaan bawang putih dalam negeri aman karena pasokan bawang putih impor tetap normal dan tidak terpengaruh wabah Virus Corona.

“Kita harus pastikan harga bawang putih stabil dan tidak fluktuatif,” kata Moeldoko dalam Rapat Koordinasi bertema Harga Bawang Putih terkait penyebaran Virus Corona.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Erick Thohir akan tentukan nasib BUMN merugi Menteri BUMN Erick Thohir akan melakukan merger atau menutup BUMN-BUMN yang merugi atau tidak melakukan kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO) dengan melihat prospek bisnisnya.

"Dari prospek bisnisnya apakah masih punya prospek, dan kerugian-kerugian yang terjadi itu akan dilihat. Kalau tidak punya prospek lagi untuk apa dilanjutkan," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


4. Batik Air datangkan lima pesawat Airbus A320 Neo hingga akhir 2020

Maskapai full service dari Lion Air Group, Batik Air, akan mendatangkan lima pesawat Airbus terbaru, di mana satu unit armada Airbus A320 Neo pertamanya datang pekan lalu dan empat unit sisanya menyusul hingga akhir tahun ini.

"Dari lima unit itu, tiga diantaranya Airbus 320 Neo dan dua Airbus 321LR atau long range. Beda ukuran dan kapasitas, A321 lebih besar," kata CEO Batik Air Captain Achmad Luthfie dalam acara perkenalan armada baru tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Mengenang kembali JB Sumarlin Johannes Baptista (JB) Sumarlin merupakan nama yang tidak terpisahkan dalam perjalanan pembangunan ekonomi Indonesia di masa Orde Baru.

Sumarlin pernah menempati berbagai pos pemerintahan penting seperti Menteri Penertiban dan Pendayagunaan Aparatur Negara (1973-1983) dan Menteri Perencanaan Pembangunan/Ketua Bappenas (1983-1988).

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI optimistis rupiah menguat di akhir tahun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar