KPU kabupaten dan kota di Lampung siap menggelar pilkada serentak

KPU kabupaten dan kota di Lampung siap menggelar pilkada serentak

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan KPU kabupaten dan kota di Lampung menggelar kesiapan pilkada. (Antara Lampung/HO)

"Pilkada serentak digelar di 8 kabupaten dan kota se-Lampung," kata Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, di Bandarlampung, Jumat.
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota di Provinsi Lampung siap menggelar pilkada serentak tahun 2020.

"Pilkada serentak digelar di 8 kabupaten dan kota se-Lampung," kata Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan delapan kabupaten/kota yang siap menggelar pilkada serentak, yaitu Kota Bandarlampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, Pesisir Barat, dan Way Kanan.

Tahapan pokok Pilkada 2020, lanjut Erwan, terbagi atas tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penetapan.

Menurut dia, tahapan yang telah dilaksanakan di antaranya penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) di 8 KPU kabupaten/kota, penetapan jumlah dukungan calon perseorangan; pengumuman pendaftaran pemantau pemilihan.

Kemudian, pendaftaran pelaksana survei atau jajak pendapat dan pendaftaran pelaksana penghitungan cepat.
Baca juga: Partai Demokrat yakin meraih sukses pada pilkada serentak di Lampung

Selain itu, peluncuran pilkada serentak tahun 2020 di masing-masing kabupaten/kota; rapat koordinasi pembentukan badan penyelenggara ad-hoc pilkada serentak tahun 2020 dengan delapan KPU kabupaten/iota di Provinsi Lampung.

Pelaksanaan supervisi dan monitoring pembentukan badan penyelenggara ad-hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pilkada serentak tahun 2020 di 8 KPU kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Erwan juga menjelaskan kegiatan tahapan lainnya, yaitu melakukan tes CAT serta pelaksanaan tes kesehatan dan bebas narkoba, pembentukan badan penyelenggara ad-hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pilkada serentak tahun 2020 di 8 KPU kabupaten/kota di Provinsi Lampung.


KPU juga melakukan persiapan terkait pemutakhiran data pemilih pada pilkada serentak tahun 2020 di 8 KPU kabupaten/kota di Provinsi Lampung; melaksanakan sosialisasi, tahapan pilkada oleh KPU 8 kabupaten/kota.

Selanjutnya peluncuran mobil cerdas demokrasi, gerbang demokrasi, Goes to School, Goes to Campus, sosialisasi di berbagai segmen pemilih dan bekerja sama dengan daerah.
Baca juga: Komisi II DPR ingatkan penyelenggara pemilu lebih bertanggung jawab

Perwakilan Bawaslu Lampung Iskardo menjelaskan bahwa Bawaslu Lampung saat ini fokus pengawasan terhadap netralitas ASN.

Kemudian pengawasan rekruitmen PKK oleh KPU kabupaten/kota dan pengawasan pemasangan alat peraga sosialisasi (APS) bakal calon 8 kabupaten/kota, serta pengawasan terhadap pencalonan.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komnas HAM dukung penundaan Pilkada serentak akibat COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar